PENGARUH EFISIENSI BIAYA BAHAN BAKU TERHADAP PENCAPAIAN LABA KOTOR PADA KOPERASI PETERNAKAN SAPI BANDUNG UTARA (KPSBU) UNIT MAKANAN TERNAK KAB. BANDUNG

Indrawati, (2009) PENGARUH EFISIENSI BIAYA BAHAN BAKU TERHADAP PENCAPAIAN LABA KOTOR PADA KOPERASI PETERNAKAN SAPI BANDUNG UTARA (KPSBU) UNIT MAKANAN TERNAK KAB. BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Biaya bahan baku merupakan salah satu bagian terpenting pada suatu perusahaan yang mempunyai kegiatan proses produksi. Besarnya biaya bahan baku tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap penentuan harga pokok penjualan yang tujuan utamanya untuk mencapai laba kotor yang diinginkan perusahaan, sehingga biaya bahan baku tersebut harus diefisiensikan penggunaannya agar laba kotor yang diharapkan oleh perusahaan dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini digunakan untuk memberikan gambaran secara sistematis mengenai efisiensi biaya bahan baku dan pencapaian laba kotor dengan menggunakan data dalam bentuk angka agar bisa dihitung. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, korelasi pearson, koefisien determinasi, dan analisis uji t, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara efisiensi biaya bahan baku terhadap pencapaian laba kotor. Dimana, semakin efisien penggunaan biaya bahan baku, maka semakin maksimal pencapaian laba kotor yang diinginkan. Begitu pun sebaliknya, semakin tidak efisien biaya bahan baku, maka perolehan laba kotor yang maksimal tidak akan tercapai. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa efisiensi biaya bahan baku memiliki arti yang sangat penting bagi berlangsungnya proses produksi pada koperasi. Karena, efisiensi biaya bahan baku akan menentukan seberapa besar pencapaian laba kotor yang akan diperoleh KPSBU Unit Makanan Ternak Kab. Bandung.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item