PENGARUH REPUTASI PENJAMIN EMISI SAHAM TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN PERDANA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (STUDI KASUS BURSA EFEK INDONESIA)

Wijayanti, Turi (2009) PENGARUH REPUTASI PENJAMIN EMISI SAHAM TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN PERDANA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (STUDI KASUS BURSA EFEK INDONESIA).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Underpricing yang terjadi di pasar modal disebabkan oleh informasi asimetri di pasar perdana. Underwriter dalam hal ini memperoleh informasi lebih baik mengenai saham-saham emiten, dibanding emiten itu sendiri. Oleh karena itu underwriter akan memperoleh kesepakatan optimal dengan emiten, yaitu dengan memperkecil resiko keharusan membeli saham yang tidak laku terjual dengan harga murah. Dengan demikian akan terjadi underpricing, yang berarti bahwa penentuan harga saham di pasar perdana lebih rendah dibanding harga saham di pasar sekunder pada saham yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui ada hubungan antara reputasi penjamin emisi saham dengan pendapatan penjamin emisi saham, (2) Untuk mengetahui ada hubungannya antara harga saham pada saat IPO dengan pada saat penutupan di pasar sekunder, (3) untuk mengetahui ada pengaruh antara reputasi penjamin emisi saham terhadap tingkat underpricing pada penawaran Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengujian statistik yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana, Analisis Korelasi Pearson, Koefisien Determinasi, serta Uji t, dan juga menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) 14.00 For Windows untuk memperkuat perhitungan secara manual. Hasil pengujian dengan korelasi pearson menunjukkan bahwa reputasi penjamin emisi saham tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing dengan kontribusi sebesar 43% sedangkan sisanya 57% dipengaruhi oleh faktor lain seperti umur perusahaan, reputasi auditor, kepemilikan lama, EPS, PER. Kata Kunci : Underpricing, Reputasi Penjamin Emisi

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

View Item View Item