PERANAN ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA PERUSAHAAN SUHUF KERTA SENI NUSANTARA BANDUNG

Irawan, Deni (2009) PERANAN ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA PERUSAHAAN SUHUF KERTA SENI NUSANTARA BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Analisis SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kakuatan (Strenght) dan peluang (Oportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencanaan strategis (strategic planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam kondisi yang ada saat ini. inilah yang disebut analisis situasi. Dari hal tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang Analisis SWOT dalam hubungannya dengan strategi pengembangan usaha, dalam hal ini yang menjadi objek penelitian adalah Perusahaan SUHUF Kertaseni Nusantara. Sehingga dapat memberikan gambaran kepada penulis, perusahaan, dan pihak tertakait lainnya mengenai Analisis SWOT dalam strategi pengembangan Usaha. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu metode yang bertujuan untuk menganalisis data yang dikumpulkannya sedikit dan bersifat monografis (berwujud kasus). Serta metode analisis deskriptif, yaitu metode yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai keadaan perusahaan khususnya menyangkut aspek-aspek yang diteliti, data dan informasi yang diperoleh akan dikumpulkan, disusun, diuraikan dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Metode analisis deskriptif yang digunakan adalah analisis matrik SWOT. Dari hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan analisis matrik SWOT dapat diketahui bahwa perusahaan berada pada kuadran IV (Diversifikasi). dengan nilai pembobotan lingkungan internal sebesar 1,60 dan lingkungan eksternal sebesar -0,15. Dengan posisi tersebut, perusahaan dapat merumuskan strategi diversifikasi yaitu dengan cara memanfaatkan keunikan produk untuk memenangkan persaingan, meminimalkan harga dengan melakukan efisiensi produk dan investasi pada teknologi modern serta perampingan manajemen, serta dengan cara memperluas lini produk dan membuka cabang baru.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12745

Actions (login required)

View Item View Item