PERANAN PENGENDALIAN INTERN ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SYSTEM ON-LINE PAYMENT POINT POS (SOPP POS) PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) UJUNGBERUNG BANDUNG

Pramanik, Dewi (2009) PERANAN PENGENDALIAN INTERN ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SYSTEM ON-LINE PAYMENT POINT POS (SOPP POS) PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) UJUNGBERUNG BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT Pos Indonesia (Persero) Ujungberung Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pengendalian intern electronic data processing (EDP), efektivitas system on-line payment point Pos (SOPP Pos), dan untuk mengetahui peranan pengendalian intern EDP dalam menunjang efektivitas SOPP Pos pada PT Pos Indonesia (Persero) Ujungberung Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui peranan pengendalian intern EDP dengan efektivitas SOPP Pos digunakan pengujian statistik dengan menggunakan metode penarikan sample melalui pendekatan nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh (sensus). Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Untuk memperkuat perhitungan secara manual menggunakan aplikasi SPSS 12.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pengendalian intern EDP berperan dalam menunjang efektivitas SOPP Pos pada PT Pos Indonesia (Persero) Ujungberung Bandung. Peranan dapat dikategorikan sangat baik, pengendalian intern EDP berperan terhadap efektivitas SOPP Pos sebesar 47% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti kemalasan, budaya perusahaan (corporate culture) dan pemerikasaan EDP yang memadai. Hipotesis yang didapat Ho ada pada daerah penolakan berarti H1 diterima atau pengendalian intern EDP mempunyai peranan yang signifikan dan positif terhadap efektivitas SOPP Pos.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12787

Actions (login required)

View Item View Item