PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PADA PENERBIT INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Lenggana, Welly (2009) PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PADA PENERBIT INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini tingkat persaingan dalam dunia usaha semakin tinggi dan hanya badan usaha yang memiliki kinerja atau performa yang baik yang akan bertahan. Dalam persaingan usaha yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk semakin efisien dalam menjalankan aktivitasnya terlebih dalam kondisi ekonomi saat ini yang penuh dengan ketidakpastian. Tujuan perusahaan salah satunya adalah mencapai laba bersih yang optimal, untuk mencapai laba bersih yang optimal maka volume penjualan harus mencapai volume penjualan yang optimal. Bila Volume penjualan meningkat maka laba bersih yang diperoleh akan mengalami kenaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan volume penjualan, untuk mengetahui perkembangan laba bersih pada penerbit Institut Teknologi Bandung, dan untuk mengetahui pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada Penerbit Institut Teknologi Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada Penerbit Institut Teknologi Bandung. Untuk menguji hipotesis digunakan regresi linier sederhana, analisis korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji t. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah laporan laba-rugi dan laporan penjualan periode tahun 2002 �¢���� 2007. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa korelasi antara volume penjualan terhadap laba bersih sebesar 0,208 ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah dan searah antara volume penjualan terhadap laba bersih, sedangka untuk koefisien determinasi di peroleh hasil sebesar 4,3264% dan sisanya 95,6736% yang dipengaruhi oleh faktor lain seperti harga pokok penjualan yang tinggi. Hal ini berarti apabila volume penjualan meningkat maka laba bersih akan meningkat juga. Sedangkan melalui uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 0,426 dan nilai t tabel sebesar 2,776. Berdasarkan nilai t hitung tersebut, maka t hitung < t tabel sehingga Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa volume penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan laba bersih pada Penerbit Institut Teknologi Bandung.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12871

Actions (login required)

View Item View Item