PENGARUH VOLUME PENJUALAN TIKET KERETA API PENUMPANG TERHADAP TINGKAT PROFIBILITAS PADA PT. KERETA API (PERSERO) DAOP II

Maulina, Nurhidayah (2009) PENGARUH VOLUME PENJUALAN TIKET KERETA API PENUMPANG TERHADAP TINGKAT PROFIBILITAS PADA PT. KERETA API (PERSERO) DAOP II. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah penelitian ini skripsi ini adalah mengenai Pengaruh Volume Penjualan Tiket Kereta Api Penumpang Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada PT. Kereta Api (Persero) Daop II. Dimana Volume Penjualan Tiket Kereta Api Penumpang (variabel X) adalah jumlah barang/ jasa yang terjual dalam proses pertukaran. Sedangkan Tingkat Profitabilitas (variabel Y) adalah menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu dengan data yang digunakan berasal dari PT. Kereta Api (Persero) Daop II dengan jumlah sampel tujuh tahun yaitu tahun 2000-2006. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Dengan analisis statistik yang digunakan yaitu rumus Regresi Linier Sederhana , Koefisien Korelasi Pearson, Koefisien Determinasi, Uji t, dengan bantuan program SPSS 12.0 for windows. Dengan pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dari pembahasan yang dilakukan oleh penulis dapat diketahui bahwa nilai Y=0,972+0,037X. Sehingga dari persamaan regresi tersebut menunjukan hubungan yang positif, artinya naik atau turunnya volume penjualan tiket dalam perolehan pendapatan sebesar 1 akan menyebabkan kenaikan/ penurunan tingkat profitabilitas sebesar 0,037. Nilai r = 0, 351, ini menunjukan nilai r yang positif dan searah dengan korelasi rendah. Koefisien korelasi yang rendah menunjukan bahwa naik atau turunnya volume penjualan tiket tidak menentukan keberhasilan perolehan tingkat profitabilitas yang tinggi. Volume penjualan tiket berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas sebesar 12,32% dan sisanya 87,68% dipengaruhi oleh besarnya biaya operasional, biaya pemeliharaan, dan besarnya tarif. Nilai uji t tabel = 2,571 > t hitung = 0,838 artinya Volume Penjualan Tiket tidak berpengaruh Terhadap Tingkat Profitabilitas PT. Kereta Api (Persero) Daop II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12887

Actions (login required)

View Item View Item