HUBUNGAN PERPUTARAN PIUTANG USAHA DENGAN QUICK RATIO PADA UNIT PERTOKOAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) DIKLAT PU WILAYAH II BANDUNG

Resmi Karuniash, Woro (2009) HUBUNGAN PERPUTARAN PIUTANG USAHA DENGAN QUICK RATIO PADA UNIT PERTOKOAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) DIKLAT PU WILAYAH II BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendirian koperasi bertujuan untuk melayani dan membantu kepentingan anggotanya dalam memenuhi kebutuhan ekonominya salah satunya dengan penjualan kredit yang menimbulkan piutang usaha. Kas merupakan aktiva lancar yang paling likuid untuk memenuhi kewajiban jangka pendek yang telah jatuh tempo. Salah satu sumber kas yang diterima koperasi adalah piutang usaha. Maka perputaran piutang usaha merupakan alat ukur yang berhubungan dengan tingkat likuiditas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perputaran piutang usaha, mengetahui quick ratio, dan untuk mengetahui hubungan perputaran piutang usaha dengan quick ratio pada unit pertokoan KPRI Diklat PU Wilayah II Bandung. Metode penelitian yang digunakan yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, perhitungan variabel X berdasarkan tingkat perputaran piutang usaha, sedangkan variabel Y berdasarkan quick ratio. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposif serta teknik analisis data yang digunakan adalah rasio, baik untuk neraca maupun perhitungan sisa hasil usaha. Hasil penelitian data dapat disimpulkan bahwa quick ratio mengalami kenaikan setiap tahunnya. Quick ratio yang sangat tinggi bisa mengindikasikan adanya dana yang menganggur dalam perusahaan (koperasi). Jika quick ratio terlalu tinggi, menunjukkan modal kerja terlalu banyak tercantum pada kas atau aktiva lancar lainnya. Kondisi seperti itu kurang baik bagi koperasi, karena kas merupakan aktiva lancar yang kurang produktif.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12909

Actions (login required)

View Item View Item