PERANAN PRINSIP AKUNTANSI SYARIAH DALAM PENGELOLAAN TRANSAKSI KEUANGAN (STUDI KASUS PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) YARIAH CABANG BANDUNG)

Dewi Purwanti, Kiki (2009) PERANAN PRINSIP AKUNTANSI SYARIAH DALAM PENGELOLAAN TRANSAKSI KEUANGAN (STUDI KASUS PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) YARIAH CABANG BANDUNG).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Prinsip akuntansi syariah merupakan suatu dasar dalam proses pencatatan, pengikhtisaran, pelaporan dan penginterprestasian terhadap suatu kejadian dalam bidang ekonomi secara Islami yang berguna bagi para pemakai informasi untuk pengambilan keputusan. Pada dasarnya prinsip ini digunakan sebagai dasar didalam melaksanakan suatu kegiatan operasional khususnya didalam melakukan kegiatan pengelolaan transaksi keuangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prinsip akuntansi syariah pada perusahaan, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengelolaan transaksi keuangan pada perusahaan, bagaimana peranan prinsip akuntansi syariah dalam pengelolaan transaksi keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: metode deskriptif analisis dengan pendekatan survei. Metode deskriptif analisis ditujukan untuk menggambarkan bagaimana peranan prinsip akuntansi syariah dalam pengelolaan transaksi keuangan yang diperoleh berdasarkan hasil perhitungan maupun hasil pengukuran dalam bentuk angka. Berdasarkan hasil analisis uji validitas, uji reabilitas, uji korelasi Rank Spearman, uji t, dan koefisien determinasi, maka dapat diketahui bahwa prinsip akuntansi syariah berperan dalam pengelolaan transaksi keuangan. Jika prinsip akuntani syariah dijalankan dengan baik maka pengelolaan transaksi keuangan akan baik pula, sehingga dapat disimpulkan bahwa prinsip akuntansi syariah memiliki arti penting terhadap pengelolaan transaksi keuangan. Prinsip akuntansi syariah berpengaruh kuat terhadap pengelolaan transaksi keuangan, dan sebagian besar pengelolaan transaksi keuangan di pengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti prinsip kehati-hatian.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item View Item