ANALISIS PENGGUNA MICROSOFT WORD 2007 GUNA MENUNJANG KEGIATAN KORESPONDENSI SEKRETARIS PADA BAGIAN PENGEMBANGAN DAN PELAYANAN SDM PT. INTI (PERSERO) BANDUNG

Ratna Apriana, Elsa (2009) ANALISIS PENGGUNA MICROSOFT WORD 2007 GUNA MENUNJANG KEGIATAN KORESPONDENSI SEKRETARIS PADA BAGIAN PENGEMBANGAN DAN PELAYANAN SDM PT. INTI (PERSERO) BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Microsoft Word 2007 merupakan program yang digunakan dalam kegiatan korespondensi sekretaris pada Bagian Pengembangan dan Pelayanan SDM. Dalam pelaksanaannya penggunaan Microsoft Word 2007 masih menghadapi berbagai kendala. Hal ini dikarenakan Microsoft Word 2007 masih merupakan program yang baru, selain itu kurangnya pelatihan dan sosialisasi mengenai Microsoft Word 2007 membuat sekretaris tidak dapat menggunakan program tersebut secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan korespondensi sekretaris, untuk mengetahui penggunaan Microsoft Word 2007 dalam kegiatan korespondensi sekretaris serta untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam penggunaan Microsoft Word 2007 dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Teori yang digunakan dalam laporan tugas akhir ini adalah teori yang dikemukakan oleh Sopyan (2005: 5) bahwa dalam menulis surat salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang sekretaris adalah menggunakan kertas dan alat tulis terbaik. Akan lebih baik jika surat ditulis dengan word processor atau pengolah kata. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tampak bahwa kegiatan korespondensi sekretaris pada Bagian Pengembangan dan Pelayanan PT INTI (Persero) terdiri dari dua bagian, yaitu kegiatan korespondensi ekstern dan kegiatan korespondensi intern. Program Microsoft Word 2007 pada kegiatan korespondensi hanya digunakan dalam proses membuat surat balasan atau surat keluar saja. Sedangkan kegiatan mengagendakan dan mengarsipkan surat masih dilakukan secara manual. Hambatan yang dihadapi dalam penggunaan Microsoft Word 2007 diantaranya adalah sarana dan prasarana PT INTI yang kurang memadai untuk penggunaan Microsoft Word 2007, sehingga kinerja sekretaris menjadi kurang optimal. Maka, PT INTI berusaha untuk memperbaiki sarana dan prasarana perusahaan, agar kinerja sekretaris tidak terhambat dan dapat dilaksanakan dengan seoptimal mungkin. Saran yang dapat penulis sampaikan untuk sekretaris adalah sebaiknya sekretaris meningkatkan kinerjanya dalam menangani kegiatan korespondensi dengan seoptimal mugkin agar kegiatan korespondensi berjalan dengan baik sesuai dengan aturan baku yang ada pada buku Tata Naskah PT INTI.

Item Type: Article
Subjects: D3 Tugas Akhir > Sekretaris Eksekutif > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:50
Last Modified: 16 Nov 2016 07:50
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item