Sistem Pendukung Keputusan Untuk menentukan Kelaikan Operasi Sarana Kereta Di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung Dengan Menggunakan Metode Analytizal Hierarchy Process

Hardiyanto, Nur (2016) Sistem Pendukung Keputusan Untuk menentukan Kelaikan Operasi Sarana Kereta Di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung Dengan Menggunakan Metode Analytizal Hierarchy Process.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendekatan menentukan kelaikan operasi sarana kereta merupakan serangkaian pemeriksaan komponen��komponen kereta yang harus memenuhi persyaratan ambang batas laik jalan, untuk memastikan sarana kereta yang akan dioperasikan dalam kondisi teknis baik demi menjaga keselamatan dan kenyamanan selama dalam perjalanan. Banyaknya kriteria dan subkriteria yang harus diuji serta adanya perbedaan penilaian yaitu penilaian berupa angka dan abjad menyebabkan penilaian pada proses pemeriksaan pengujian komponen sarana kereta cenderung bersifat subjektif. Hal tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya peluang kesalahan dalam melakukan analisis pemeriksaan hasil pengujian kondisi fisik kereta. Di sisi lain penentuan kelaikan operasi sarana kereta harus dilakukan dengan lebih berhati-hati, tepat, cermat, dan cepat. Analisis kelaikan operasi sarana kereta memanfaatkan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai metode dari Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam proses analisis data kereta yang menggunakan beberapa kriteria untuk memilih prioritas pengujian kereta, yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan kelaikan operasi sarana kereta yang tepat. Metode teknik pengumpulan data, studi literatur, observasi dan wawancara digunakan untuk masalah-masalah yang terkait. Tahap pembangunan sistem menggunakan pendekatan terstruktur. Metode pembangunan sistem dengan model Waterfall, analisis perancangan meliputi Flowmap, Diagram Konteks, Kamus Data, Data Flow Diagram (DFD) dan konseptual rancang basis data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Implementasi sistem menggunakan alat seperti Borland Delphi 7.0 sebagai desain tampilan antarmuka dan MySQL sebagai pengolahan database. Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian black box serta wawancara. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan menentukan kelaikan operasi sarana kereta berdasakan hasil nilai yang objektif pada penilaian pengujian kelaikan operasi sarana kereta, mengurangi peluang terjadinya kesalahan dalam melakukan analisis pemeriksaan hasil pengujian kondisi fisik kereta, serta membantu memudahkan proses pengambilan keputusan untuk menentukan kelaikan sarana kereta sehingga dapat mengoptimalkan tindakan yang dilakukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Kelaikan Operasi Sarana Kereta, Analytical Hierarchy Process
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:36
Last Modified: 16 Nov 2016 07:36
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item