Pengaruh Kualitas Informasi Keuangan Terhadap Efektivitas Pemeriksaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying

Mulyana, Ali (2010) Pengaruh Kualitas Informasi Keuangan Terhadap Efektivitas Pemeriksaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Informasi laporan keuangan merupakan informasi yang penting bagi pengguna laporan keuangan dalam menilai kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan. Informasi laporan keuangan dinilai mempunyai nilai kualitas informasi apabila memenuhi kriteria kualitatif akuntansi seperti relevan, netral, lengkap, dapat diperbandingkan dan lain lain. Dari informasi keuangan yang berkualitas dapat dijadikan salah satu faktor yang dapat membuat pemeriksaan pajak lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis verifikatif dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 83. Data primer dilkumpulkan melalui kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan korelasi Rank Spearmen Brown, yang perhitungnya dilakukan secara manual dan menggunakan SPSS versi 12. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kualitas informasi keuangan wajib pajak pada KPP Pratama Cibeunying secara umum sudah baik dan mampu meningkatkan efektivitas pemeriksaan pajak oleh fiskus pada KPP Pratama Cibeunying. Sementara hasil pengujian diketahui bahwa kualitas informasi keuangan memiliki hubungan yang positif dan kuat terhadap efektivitas pemeriksaan pajak yang ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,804 dengan taraf kesalahan 0,05. Pengujian hipotesis yang telah dilakukan hasil yang diperoleh menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil perhitungan menunjukkan nilai fungsi thitung > ttabel. Ini berarti bahwa antara kualitas informasi keuangan dan efektivitas pemeriksaan pajak terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas informasi keuangan, efektivitas, pemeriksaan pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:50
Last Modified: 16 Nov 2016 07:50
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/13747

Actions (login required)

View Item View Item