Analisis Dan Implementasi Rekonstruksi Tiga Dimensi Dari Citra Dua Dimensi Menggunakan Metode Direct Linear TRansformation Dan Sampson Approximation

Alam Akbar, Muhammad (2016) Analisis Dan Implementasi Rekonstruksi Tiga Dimensi Dari Citra Dua Dimensi Menggunakan Metode Direct Linear TRansformation Dan Sampson Approximation.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rekonstruksi 3D dari citra dapat digunakan untuk merekonstruksi bentuk 3D sebuah objek di dunia nyata menggunakan hubungan geometri yang ada antar gambar tersebut (multiple-view geometry) sehingga dapat ditampilkan di komputer. Dengan memanfaatkan titik-titik bersesuaian pada kumpulan citra dan matriks proyeksi, titik-titik 3D dapat diperoleh dengan melakukan triangulasi. Pada penelitian sebelumnya digunakan metode triangulasi direct linear transformation (DLT) dimana hasilnya menunjukkan masih terdapat error reproyeksi. Error reproyeksi dapat menyebabkan objek 3D yang dihasilkan kurang akurat. Pada penelitian ini, digunakan metode Sampson Approximation yang digabung dengan DLT untuk memperbaiki titik-titik bersesuaian pada citra sebelum dilakukan triangulasi untuk dapat memperkecil error reproyeksi sehingga objek 3D yang dihasilkan lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan metode Sampson Approximation dengan DLT berhasil mengurangi error reproyeksi. Disamping itu, error reproyeksi juga turut dipengaruhi oleh urutan citra dan jumlah citra masukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi 3D, Citra, Sampson Approximation, DLT
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item