Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi (Suatu Studi Tentang Pengelolaan Sampah Melalui Program Reduce, Reuse, Recycle)

Rosmalinda, Lia (2012) Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi (Suatu Studi Tentang Pengelolaan Sampah Melalui Program Reduce, Reuse, Recycle).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah penghasilan sampah dan jumlah pengangguran serta kondisi masyarakat yang mempunyai tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi bervariasi, maka dibutuhkan pemberdayaan masyarakat yang sesuai agar pengelolaan persampahan secara mandiri dapat diimplementasikan di Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi. Dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam menangani masalah persampahan dengan memberdayakan masyarakat di Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi. Teori yang dipergunakan adalah teori Pemberdayaan Masyarakat yang dikemukan oleh Edi Suharto dalam buku Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Berdasarkan teori tersebut untuk mencapai pemberdayaan masyarakat dilihat dari Pengembangan Potensi, Kemampuan, Perlindungan, Dukungan dan Pemeliharaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penetuan informan yang digunakan adalah purpossive sampling untuk pihak masyarakat dan aparatur. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Cibeureum dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan potensi dalam pengelolaan sampah melalui Program 3R belum cukup baik, dilihat dari kurangnya pengetahuan tentang Program 3R. Kemampuan dalam pengelolaan sampah melalui Program 3R cukup baik dilihat dari tingkat pendidikan masyarakat yang cukup dan pelatihan yang diberikan oleh aparatur. Perlindungan dalam pengelolaan sampah melalui Program 3R cukup baik, dilihat dari konsultasi yang diberikan aparatur kepada masyarakat. Dukungan dalam pengelolaan sampah melalui Program 3R belum cukup baik, dilihat dari sedikitnyadana yang diberikan kepada masyarakat. Pemeliharaan dalam pengelolaan sampah melalui Program 3R belum cukup baik, dilihat dari jarangnya pembinaan yang diberikan oleh aparatur secara berkala. Kesimpulan dari pemberdayaan masyarakat Kelurahan Cibeurem dalam pengelolaan sampah melalui Program 3R cukup baik. Aparatur Kelurahan Cibeureum telah melakukan pelatihan dan motivasi dalam mengelola sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Kelurahan Cibeureum. Saran dari penelitian ini pemerintah hendaknya memberikan dukungan penuh seperti sarana dan prasarana, dana yang maksimal kemudian motivasi dari pihak terkait secara berkelanjutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Program 3R, Potensi, Kemampuan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:51
Last Modified: 16 Nov 2016 07:51
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item