Kinerja Aparatur Kelurahan Cigugur Tengah Di Kota Cimahi (Suatu Studi Tentang Pelayanan Sistem Informasi Manajemen Kelurahan)

Budiman, Jakaria (2012) Kinerja Aparatur Kelurahan Cigugur Tengah Di Kota Cimahi (Suatu Studi Tentang Pelayanan Sistem Informasi Manajemen Kelurahan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian di Kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi didasarkan pada kinerja aparatur dalam memberikan pelayanan sistem informasi manajemen kelurahan kepada masyarakat yang kurang profesional, hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan aparatur di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan kurangnya motivasi yang mendukung sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi terhambat. Teori yang digunakan adalah kinerja aparatur dari Sinambella, adapun faktor yang dapat mempengaruhi kinerja aparatur yaitu faktor kemampuan dan motivasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purpossive sampling untuk pihak aparatur sedangkan informan yang ditujukan kepada masyarakat menggunakan accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, pertama kemampuan aparatur Kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi dalam pelayanan Simkel dapat dikatakan belum cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kesulitan yang dihadapi aparatur dalam mengoperasikan Simkel, dikarenakan kebugaran fisik dan kesehatan jiwa yang kurang mendukung, pelatihan yang telah dilakukan aparatur, latar belakang pendidikan yang bukan dibidang teknologi dan kurangnya pengalaman kerja. kedua motivasi aparatur dapat dikatakan cukup baik, hal ini didasari karena sebagian besar aparatur merasakan tidak terpenuhinya kebutuhan baik kebutuhan fisiologis maupun fsikologis, kurangnya dorongan kerja dan pemberian insentif yang diberikan pihak kelurahan. Dengan demikian kinerja aparatur kelurahan Cigugur Tengah kota Cimahi dalam pelayanan sistem informasi manajemen kelurahan dapat dikatakan cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Aparatur, Pelayanan Publik, Sistem Informasi Manajemen Kelurahan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:51
Last Modified: 16 Nov 2016 07:51
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14249

Actions (login required)

View Item View Item