Efektivitas Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Bandung (Suatu Studi Pada Pelaksanaan Program KB Di Wilayah Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung)

Fahreza Taufiqurachman, Dean (2012) Efektivitas Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Bandung (Suatu Studi Pada Pelaksanaan Program KB Di Wilayah Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam pembangunan Keluarga Berencana adalah penyimpangan dari rencana yang telah ditentukan pada pelaksana program KB, Peningkatan jumlah kependudukan yang biasanya timbul karena tidak adanya program KB diantaranya laju penduduk yang tinggi, dan jumlah penduduk pasti terus meningkat.Meningkatnya jumlah masyarakat menjadikan suatu problematika dan sangat menggangu pembangunan nasional yang dihadapi oleh pemerintah khususnya Kabupaten Bandung.Pengaruh peningkatan penduduk yang terjadi akan berdampak pada bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran Efektivitas organisasi,yang dikemukakan Gibson, Ivancevich. Teori tersebut terdiri lima indikator yaitu: Proses, Efisiensi, Kepuasan,Keunggulan, Pengembangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi pustaka, observasi nonpartisipan serta dengan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur BKBPP Kabupaten Bandung, UPT PPKB Kecamatan Cangkuang dan masyarakat Kecamatan Cangkuang. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses yang dilakukan BKBPP Kabupaten Bandung pada Pelaksanaan Program KB di wilayah Kecamatan Cangkuang sudah cukup baik meskipun masih ada sebagian dari proses belum berjalan dengan efektif.Efisiensi sudah cukup efisien dilihat dari biaya dan waktu yg di keluarkan. Kepuasan masyarakat terhadap BKBPP Kabupaten Bandung sudah cukup puas dan memberikan dampak positif pada masyarakat pada pelaksanaan program KB. Keunggulan dirasakan masih sangatlah kurang, dikarenakan SDM yang ada. Pengembangan pegawai sudah baik dengan adanya pelatihan, dan diklat. Peneliti menyarankan perlu adanya pengawasan dalam pengambilan keputusan, dan harus meningkatkan kembali keunggulan dalam SDM nya agar aparatur BKBPP Kabupaten Bandung pada pelaksanaan program KB di wilayah Kecamatan Cangkuang Kabupeten Bandung dapat menjadi yang handal dalam pelaksanaan program KB tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, organisasi, pelaksanaan program KB
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:51
Last Modified: 16 Nov 2016 07:51
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14500

Actions (login required)

View Item View Item