PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE PENYELAMATAN HEWAN LANGKA KUKANG JAWA DARI PERDAGANGAN ILEGAL

Cahyadi, Dian (2009) PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE PENYELAMATAN HEWAN LANGKA KUKANG JAWA DARI PERDAGANGAN ILEGAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Indonesia kaya akan berbagai ragam fauna. Fauna tersebar di berbagai pulau di Indonesia seperti : Harimau, Orangutan, Lutung, Siamang, Kukang, dan Komodo tersebar di pulau Kalimantan, Jawa dan Sumatera, ada pun Burung Cendrawasih dari Irian Jaya dan masih banyak lagi beragam fauna lainnya yang ada di Indonesia. Fauna merupakan satwa liar di Indonesia yang harus kita lindungi dan di lestarikan, bahkan di antara banyak macam fauna ada yang terancam keberadaanya seperti halnya Kukang yang kini hampir punah yang diakibatkan oleh perdagangan illegal. Kukang termasuk dalam keluarga Primata. Kukang ada 5 jenis yaitu Kukang Bengal, Kukang pygmy, Kukang Sumatera, Kukang Kalimantan dan Kukang jawa. Kukang atau malu-malu merupakan jenis hewan yang aktif pada malam hari. Ciri Kukang adalah kepala bulat,moncong pendek dan lebar,biji mata yang besar dan telinga kecil berbentuk elips. Populasi Kukang kini semakin menurun akibat perburuan dan penangkapan liar untuk diperdagangkan bahkan sampai dibunuh untuk dijadikan obat. Perburuan dan perdagangan hewan langka seperti Kukang harus segera dihentikan dengan diberlakukannya Undang-Undang No.5 Th 1990 tentang Konversi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pasal 21 ayat 2 bahwa perdagangan dan pemeliharaan satwa dilindungi termasuk Kukang adalah dilarang dan pelanggaran dari ketentuan ini dikenakan hukuman 5 tahun penjara dan denda 100 juta. Dari sebagian masyarakat ada yang belum mengetahui adanya hukum yang melindungi populasi Kukang. Itu bisa dilihat dari maraknya perdagangan Kukang. Oleh sebab itu, larangan memperdagangkan Kukang perlu untuk diinformasikan kepada masyarakat melalui media visual yang berisikan pesan untuk menghentikan perburuan dan perdagangan Kukang bagi penjual Kukang. Media kampanye yang akan dibuat yaitu untuk informasi kepada masyarakat umum guna mengetahui larangan perdagangan Kukang dan menyadarkan masyarakat khususnya penjual dan pembeli Kukang untuk tidak memperjual belikan Kukang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kampanye pelestarian hewan
Subjects: D3 Tugas Akhir > Desain Komunikasi Visual > Desain Grafish > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:51
Last Modified: 16 Nov 2016 07:51
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14513

Actions (login required)

View Item View Item