PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN (ATMOSPHERE) TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO F.O MERDEKA ARCADE JL. MERDEKA NO.35 BANDUNG

Andriani, Neni (2009) PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN (ATMOSPHERE) TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO F.O MERDEKA ARCADE JL. MERDEKA NO.35 BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh suasana lingkungan (atmosphere) toko terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Merdeka Arcade FO Jl. Merdeka no. 35 Bandung. Suatu toko yang memiliki lingkungan (atmosphere) yang nyaman akan mempengaruhi konsumen untuk berbelanja ditempat tersebut, konsumen akan menikmati berbagai fasilitas yang diberikan toko tersebut sehingga kenyamanan membeli bagi mereka akan terpuaskan. Toko Merdeka Arcade FO harus dapat menciptakan suasana lingkungan toko yang nyaman sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode verifikatif. Sampel dari penelitian ini adalah pengunjung atau konsumen toko Merdeka Arcade FO Jl. Merdeka no. 35 Bandung sebanyak 100 orang. Untuk dapat menganalisis sejauh mana pengaruh suasana lingkungan (atmosphere) toko Merdeka Arcade FO terhadap keputusan pembelian konsumen dilakukan uji statistic dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman, dimana dapat memudahkan dalam proses pengolahan data penulis menggunakan software SPSS 14.0 for windows. Dari hasil wawancara dan kuisioner yang disebarkan kepada responden, diketahui bahwa pihak toko Merdeka Arcade FO telah menerapkan unsur-unsur suasana lingkungan untuk menarik dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian dan pengolahan data yang ada bahwa penerapan suasana Lingkungan (atmosphere) toko pada toko Merdeka Arcade FO Jl. Merdeka no. 35 Bandung mempunyai derajat hubungan yang cukup erat yaitu sebesar 68 % dan sisanya 32 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dalam uji hipotesis diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t table, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, artinya Suasana Lingkungan (Atmosphere) toko mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Kata Kunci : Lingkungan, Pembelian, Konsumen

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penjualan, lingkungan, konsumen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:51
Last Modified: 16 Nov 2016 07:51
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item