Peranan ASEAN Regional Forum Melalui Confidence Building Measures dan Preventive Diplomacy dalam Menangani Persengketaan Kepulauan Spratly dan Paracel (1995-2003).

Da Cruz Carvalho, Leojevildo (2009) Peranan ASEAN Regional Forum Melalui Confidence Building Measures dan Preventive Diplomacy dalam Menangani Persengketaan Kepulauan Spratly dan Paracel (1995-2003).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah adanya persengketaan kepemilikan terhadap Kepulauan Spratly dan Paracel di Laut Cina Selatan oleh Cina, Taiwan dan negara-negara ASEAN, yang sering menimbulkan bentrokan militer diantara pihak-pihak yang terkait dan menimbulkan ketidakstabilan kawasan di Asia Tenggara. Penelitian ini membahas tentang peranan ASEAN Regional Forum melalui Melalui program-program Confidence Building Measures (CBMs) dan Preventive Diplomacy (PD) dalam Menangani Persengketaan Kepulauan Spratly dan Paracel di wilayah Laut Cina Selatan. Dari bahasan ini dapat ditarik dua variabel, yaitu ARF dengan Confidence Building Measures (CBMs) dan Preventive Diplomacy (PD) sebagai variabel bebas dan Persengketaan Kepulauan Spratly dan Paracel antara Cina dan negara-negara Anggota ASEAN di Laut Cina Selatan sebagai variabel terikat. Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui studi kepustakaan. Berdasarkan kerangka pemikiran dan pendekatan sistem yang digunakan, menghasilkan suatu hipotesis yaitu ASEAN Regional Forum melalui Confidence Building Measures (CBMs) dan Preventif Diplomacy (PD) dapat berperan baik dengan menumbuhkan saling kesepahaman antara Cina, Taiwan dan ASEAN dalam pengelolaan bersama dan kerjasama militer di kepulauan-kepulauan Laut Cina Selatan sehingga persengketaan Kepulauan Spratly dan Paracel bisa ditangani. Dalam penelitian ini premis mayor yang dipakai adalah organisasi regional, persengketaan wilayah dan forum sedangkan premis minornya adalah persengketaan Kepulauan Spratly dan Paracel, Confidence Building Measures (CBMs) dan Preventif Diplomacy (PD). Berdasarkan hasil uji dalam penelitian ini, maka, dapat disimpulkan bahwa ASEAN Regional Forum melalui program-program Confidence Building Measures (CBMs) dan Preventif Diplomacy (PD) dapat berperan baik dalam mengurangi ketegangan yang ada di Laut Cina Selatan dan mendorong kerjasama antara pihak-pihak yang terkait untuk menghasilkan cara-cara yang damai dalam menyelesaikan permasalahan persengketaan Kepulauan Spratly dan Paracel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Laut Cina Selatan, ASEAN Regional Forum, Confidence Building Measures (CBMs) dan Preventive Diplomacy (PD)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14579

Actions (login required)

View Item View Item