Peranan Pemeriksaan Operasional Persediaan Barang Dagangan dalam Meminimalkan Kecurangan Persediaan Barang Dagangan Studi Kasus Pada PT Daya Anugerah Mandiri Subang (Case Study At PT Daya Anugerah Mandiri Subang)

Antonius, Indra (2009) Peranan Pemeriksaan Operasional Persediaan Barang Dagangan dalam Meminimalkan Kecurangan Persediaan Barang Dagangan Studi Kasus Pada PT Daya Anugerah Mandiri Subang (Case Study At PT Daya Anugerah Mandiri Subang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengelolaan persediaan yang baik dan memadai sebaiknya mencakup pengelolaan persediaan yang efektif yang dapat mencegah terjadinya berbagai tindakan penyelewengan yang akan merugikan perusahaan. Misalnya pencurian yang dilakukan oleh karyawan. Untuk mengetahui apakah pengelolaan tersebut telah memadai, diperlukan suatu pemeriksaan operasional yang akan menilai prosedur dan kebijakan persediaan yang ada di perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pemeriksaan operasional persediaan barang dagangan memiliki pengaruh yang signifikan dalam meminimalkan kecurangan persediaan barang dagangan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat verifikatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan 30 responden. Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Penulis menggunakan dua indikator untuk mengukur pemeriksaan operasional, yaitu kualifikasi auditor dan tahapan pemeriksaan sedangkan untuk mengukur meminimalkan kecurangan persediaan digunakan jenis-jenis kecurangan yaitu pencurian, penyembunyian, dan penggunaan hasil kecurangan. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pemeriksaan operasional persediaan barang dagangan dalam meminimlkan kecurangan persediaan barang dagangan dan dari perhitungan Koefisien determinasi disimpulkan bahwa dalam meminimalkan kecurangan persediaan barang dagangan dipengaruhi pemeriksaan operasional sebesar 75,69 %, sedangkan sisanya 24,31 merupakan kontibusi variabel lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persediaan barang dagangan, pemeriksaan operasional, meminimalkan kecurangan persediaan barang dagangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item View Item