Implementasi Kebijakan Electronic Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang

Nurhasanah, (2012) Implementasi Kebijakan Electronic Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Electronic Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) adalah sistem yg terintegrasi untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan berupa electronic Government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, dalam pelaksanaanya e-KTP ini mempunyai kendala seperti kurangnya komunikasi yang jelas dari Disdukcapil kepada masyarakat menyebabkan masih banyaknya yang mengajukan permohonan KTP manual, sumber daya staff pelaksana kebijakan kurang memahami bagaimana mengoperasikan perangkat keras, hanya beberapa bagian yang hanya memahami dan mengoperasikan perangkat keras (hardware). Ketiga, sikap pelaksana dalam proses perekaman data electronic Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) terkadang menunjukkan sikap tidak ramah kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa tidak nyaman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementing public policy atau implementasi kebijakan publik dari George Edwards III yang mengemukakan bahwa yang berperan penting dalam pencapaian keberhasilan suatu implementasi kebijakan dipengaruhi oleh communication, resources, disposition, dan bureaucratic structure. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis communication, resources, disposition, dan bureaucratic structure di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi pustaka, studi lapangan, dan observasi serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang dan masyarakat dengan menggunakan teknik purposive. Berdasarkan hasil peneltian menunjukan bahwa implementasi kebijakan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang dalam proses komunikasi yang disampaikan aparatur tidak berbelit-belit walaupun disisi lain proses pencetakan e-KTP lama maka penilainnya cukup baik. Sumber daya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang belum baik, hal ini disebabkan kurangnya sumber daya staff dalam penanganan proses perekaman data serta kurangnya keahlian dalam mengoperasikan perangkat keras. Disposition di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang cukup baik, hal ini dapat terlihat dari aparatur pelaksana kebijakan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Bureaucratic structure di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang cukup baik dan berjalan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dengan demikian implementasi kebijakan electronic Kartu Tanda Penduduk cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, e-KTP
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item