PERANAN AUDITOR EKSTERNAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN KOPERASI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) PT. BIO FARMA (PERSERO) BANDUNG (Case Study At Koperasi Karyawan Bio Farma (K2BF) Bandung)

Ganny Purnama, Abdul (2009) PERANAN AUDITOR EKSTERNAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN KOPERASI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) PT. BIO FARMA (PERSERO) BANDUNG (Case Study At Koperasi Karyawan Bio Farma (K2BF) Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rapat Anggota Tahunan (RAT) dalam setiap koperasi merupakan suatu pertanggungjawaban pengurus kepada anggota koperasi dalam kegiatan tahun berjalan, adapun Audit laporan keuangan yang dilakukan auditor eksternal dapat meningkatkan kepercayaan para pemakai laporan keuangan dan mempermudah dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan auditor eksternal dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan koperasi pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) PT. Bio Farma (Persero) Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi Karyawan Bio Farma (K2BF) yang berjumlah 887 orang sebagai populasi, dan diambil sampel 90 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian statistik menggunakan korelasi rank spearman, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Pengujian statistik dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS 12.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan audit yang dilakukan auditor eksternal sudah baik, hal ini dikarenakan standar umum, standar pekerjaan lapangan, dan standar pelaporan sudah baik. Begitu pula dengan kualitas laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sudah baik, hal ini dikarenakan dapat dipahaminya informasi akuntansi, relevan, diandalkan, dan dapat dibandingkan sudah baik. Sehingga Koperasi Simpan Pinjam (KSP) PT. Bio Farma (Persero) Bandung sudah baik dan sudah dapat mengambil keputusan dengan baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa auditor eksternal berpengaruh dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sebesar 57,30% sisanya 42,70% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pengetahuan dan keterampilan terhadap laporan keuangan koperasi dan auditor eksternal, serta metode pengambilan keputusan yang dipakai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Auditor Eksternal, Kualitas Laporan Keuangan Koperasi,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item View Item