Pengaruh Kreativitas Bisnis Terhadap Inovasi Pada Kelompok Usaha Peka Jaya di Kota Purwakarta

Sofyan, Wawan (2010) Pengaruh Kreativitas Bisnis Terhadap Inovasi Pada Kelompok Usaha Peka Jaya di Kota Purwakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kreativitas bisnis adalah orisinalitas yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Kreativitas Bisnis adalah gabungan antara keahlian, kemampuan dan ketrampilan berpikir kreatif atau imajinatif juga motivasi. Inovasi adalah pengenalan cara-cara baru atau kombinasi baru dari cara-cara lama dalam mentrasformasi input menjadi output sehinggga menghasilkan perubahan besar dalam perbandingan antara nilai guna dan harga yang ditawarkan kepada konsumen dan/atau pengguna. Kreativitas bisnis adalah salah satu pemicu penting dalam inovasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas bisnis, inovasi, dan seberapa besar pengaruh kreativitas bisnis terhadap inovasi pada kelompok usaha Peka Jaya di kota Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif dan verivikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.Unit analisis penelitian ini adalah anggota kelompok usaha Peka Jaya di kota Purwakarta. Sampel dan populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 anggota diambil dari seluruh jumlah populasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling sensus. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi rank spearman, determinasi, dan uji t dengan bantuan program SPSS 14 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kreativitas Bisnis dalam kategori tinggi, demikian pula Inovasi juga tinggi. Hasil korelasi membuktikan bahwa Kreativitas Bisnis terhadap Inovasi mempunyai hubungan yang kuat dengan korelasi 0,748 dengan koefisien 55,95 %, dan sisanya 44,05% merupakan pengaruh dari faktor lain. Adapun hasil uji hipotesis ( ���± ) sebesar 0.05, diperoleh thitung (4.807) > ttabel (2.306) dan mempunyai pengaruh yang signifikan.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item