Pola Komunikasi Organisasi Komunitas The Panasdalam (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Organisasi Komunitas The Panasdalam Melalui Program Trembesi Dalam Membangun Solidaritas Anggotanya)

Nugraha, Septian (2012) Pola Komunikasi Organisasi Komunitas The Panasdalam (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Organisasi Komunitas The Panasdalam Melalui Program Trembesi Dalam Membangun Solidaritas Anggotanya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pola komunikasi organisasi komunitas The Panasdalam melalui program TREMBESI dalam membangun solidaritas anggotanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui arus pesan, hambatan dan peranan dalam pola komunikasi organisasi komunitas The Panasdalam melalui program TREMBESI dalam membangun solidaritas anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, peneliti menggunakan teknik purvosive sampling dan diperoleh informan berjumlah 3 (tiga) orang dan 2 (dua) orang key informan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, observasi, dan internet searching. Adapun teknik analisis data yang dilakukan, melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa arus pesan komunikasi organisasi yang di lakukan oleh komunitas The Panasdalam di dalam kegiatan TREMBESI sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hambatan dalam pola komunikasi organisai dalam kegiatan TREMBESI lebih kepada penggunaan bahasa dam persepsi selektif dari peserta yang sebelumnya sudah mengenal komunitas The Panasdalam sebagai komunitas yang main-main. Peranan dalam pola komunikasi organisasi di dalam kegiatan TREMBESI dijalankan sesuai dengan tanggung jawab masing-masing, baik itu yang berperan sebagai opinion leader, gatekeeper, bridge, cosmopolities, liaison, dan isolate. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, seluruh anggota The Panadalam melalui program TREMBESI berkomunikasi dengan arus pesan dan disesuaikan dengan kondisi organisasi yang ada. Hambatan di dalam pola komunikasi organisasi pada saat kegiatan TREMBESI bisa diantisipasi oleh komunitas The Panasdalam. Peranan dalam pola komunikasi organisasi dapat dijalankan dengan baik. Saran yang dapat peneliti berikan, sebaiknya komunitas The Panasdalam saling mendukung terhadap segala bentuk kegiatan yang dilakukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: the panasdalam, TREMBESI, metode deskriptif, pendekatan kualitatif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14725

Actions (login required)

View Item View Item