Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Motor Merek Yamaha Jupiter Z Pada PT. Bahana Yamaha Bandung

Pauji, Irvan (2010) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Motor Merek Yamaha Jupiter Z Pada PT. Bahana Yamaha Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Yamaha telah berkembang cukup pesat didalam negeri, hal ini disebabkan permintaan pasar akan motor merek yamaha yang berkualitas. Semakin banyak perusahaan motor merek yamaha yang menawarkan keunggulan produknya, menyebabkan konsumen lebih selektif dalam mengambil keputusan pembelian. Hal ini disebabkan konsumen sulit mengambil keputusan dalam membeli motor merek yamaha karena setiap perusahaan motor berlomba-lomba menawarkan keunggulan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap kualitas produk motor merek yamaha, untuk mengetahui proses keputusan pembelian konsumen pada produk motor merek yamaha, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap proses keputusan pembelian konsumen motor merek yamaha. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif dan veripikatif. Penelitian deskriptif dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang kualitas produk dan keputusan pembelian konsumen. Sedangkan penelitian veripikatif dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel melalui perhitungan-perhitungan statistik. Penyusunan data diperoleh dengan studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner dan untuk menganalisa data digunakan program SPSS 14.0 for Windows. Ditetapkan sampel sebanyak 100 responden dengan taraf kesalahan 10%. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk motor merek yamaha merek Yamaha sudah baik walaupun belum mencapai skor ideal. Proses keputusan pembelian secara umum sudah baik. Uji korelasi dengan menggunakan rank spearman diperoleh nilai 0,604 berdasarkan klasifikasi korelasi hubungan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian konsumen berada pada level sedang atau cukup. Besarnya pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen melalui perhitungan koefisien determinasi, diperoleh 36,48% sedangkan sisanya sebesar 63,52% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kepercayaan merek, nama merek yang sudah familiar, harga dan lain-lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan signifikan t hitung lebih besar dari t tabel. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen yang positif dan signifikan sehingga hipotesis dapat diterima.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14753

Actions (login required)

View Item View Item