Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data keanggotaan Perusahaan di Kantor DPD Realestate Indonesia (REI) Provinsi Jawa Barat

Ludwig T, Herdial (2010) Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data keanggotaan Perusahaan di Kantor DPD Realestate Indonesia (REI) Provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Realestat Indonesia (REI) dalam melakukan kegiatan pengolahan data keanggotaan perusahaan sudah menggunakan proses yang terkomputerisasi tetapi sistem informasi yang sedang berjalan dirasa kurang efektif, Hal ini menimbulkan beberapa masalah yang sering terjadi dalam pengolahan data keanggotaan yaitu keterlambatan dalam mengakses data dan kurang efektifnya sistem informasi yang digunakan, sehingga banyak data anggota perusahaan yang hilang dan redudancy dikarenakan penyimpanan database belum teratur dengan baik. Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan untuk membangun suatu perangkat lunak yang dapat mendukung sistem informasi pengolahan data keanggotaan di REI, Dengan pengembangan sistem ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses pengolahan data keanggotan serta mengetahui sistem yang sedang berjalan, membuat rancangan sistem yang baru, mengetahui implementasi dan pengujian perangkat lunak sistem informasi pengolahan data keanggotaan di DPD REI Jawa Barat. Desain penelitian dengan pendekatan kasus pada DPD REI Provinsi jawa Barat, menggunakan metode deskriptif dan terapan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer seperti observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yang berupa dokumentasi yang didapat dari buku referensi dan dokumentasi dari perusahaan. Metode pendekatan sistem yang digunakan yaitu metode pendekatan terstruktur dan menggunakan model Sistem Development life cycle (SDLC), sebagai metode pengembangan sistem. serta menggunakan alat bantu analisis yaitu Flowmap, Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), Kamus Data, Normalisasi, Entity Relationsip Diagrm (ERD), Tabel Relasi. Untuk pembangunan perangkat lunak penulis menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi7 dan SQL Server 2000 sebagai aplikasi penyimpanan database. Perangkat lunak Pendukung sistem informasi pengolahan data keanggotaan di REI ini dibangun untuk penyimpanan data supaya lebih terintegrasi Dengan adanya sistem yang dikembangkan dapat mengatasai pemasalahan yang dihadapi karena hasil analisis, perancangan, pengujian, Implementasi sistem, dapat diketahui bahwa sistem yang dikembangkan dapat mengoptimalkan, memudahkan dalam proses pengolahan data, pencarian data, penyimpanan data dan pembuatan laporan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: realestat, redundancy, sistem Informasi Pengolahan Data
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14818

Actions (login required)

View Item View Item