Sistem Back-Up Listrik Menggunakan Solar Sell Dilengkapi Pemantau Level Tegangan Pada ACUU Berbasis Mikrokontroller AT89S51

Kustiawan, Bagja (2010) Sistem Back-Up Listrik Menggunakan Solar Sell Dilengkapi Pemantau Level Tegangan Pada ACUU Berbasis Mikrokontroller AT89S51.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Energi adalah satu kata yang mempunyai makna sangat luas karena tidak ada aktivitas di alam raya ini yang bergerak tanpa energi. Salah satunya yang banyak digunakan oleh masyarakat luas adalah energi listrik. Energi listrik ini seringkali digunakan tanpa pengaturan pemakaian, maka seringkali terjadi pembatasan pemakaian energi listrik. Ataupun terjadinya pemadaman secara bergilir dilakukan pada setiap daerah dan perkotaan. Dari masalah tersebut maka diperlukannya suatu sistem pemanfaatan energi alternatif untuk membantu mengurangi pemakaian energi listrik yang sudah ada. Dalam masalah ini energi alternatif yang digunakan adalah energi matahari, dimana alat yang digunakan untuk mengolah energi tersebut adalah solar cell. Pada tugas akhir ini akan dibuat sebuah sistem back-up daya listrik menggunakan solar cell dilengkapi pemantau level tegangan pada accu berbasis mikrokontroller AT89S51. Dengan alat ini secara otomatis akan memback-up daya listrik apabila terjadi pemadaman dari PLN, sekaligus memberikan alat pemantau level tegangan pada accu. Alat ini juga bisa digunakan untuk sumber energi utama, yang bisa meringankan pemakaian energi listrik dari PLN.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Solar cell, Accu, Mikrokontroller.
Subjects: D3 Tugas Akhir > Teknik Komputer > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15069

Actions (login required)

View Item View Item