Sistem informasi bengkel jasa pada Konjaya Motor sebagai peningkatan pelayanan terhadap konsumen

Semiyadhy, Hertawan (2012) Sistem informasi bengkel jasa pada Konjaya Motor sebagai peningkatan pelayanan terhadap konsumen.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Konjaya Motor bergerak pada bidang pelayanan jasa bengkel dan cuci mobil. dalam transaksi pelayanan jasa bengkel, Konjaya Motor masih menggunakan cara komputer yang belum terintegrasi dan praktis dalam penyimpanan data, seperti menggunakan komputer kasir dan komputer PC, bagian kasir menulis keluhan maupun kebutuhan konsumen pada nota yang disediakan sesuai keluhan dan kebutuhan. Selain itu untuk laporan yang akan diberikan kepada manajer dilakukan oleh bagian keuangan masih melakukan input ulang data. Untuk itu maka perlu dibangun sebuah sistem informasi yang bisa menangani permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem yang berjalan, membuat perancangan sistem, melakukan testing dan implementasi sistem informasi pelayanan jasa bengkel. Dengan adanya sistem informasi ini pihak Konjaya Motor dapat mengatasi masalah pengolahan data kebutuhan konsumen, pengolahan dan pengolahan data laporan.Melihat permasalahan di atas, maka digunakan metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode pengumpulan data, metode pengembangan sistem, metode pendekatan sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk metode pengembangan sistem penulis menggunakan metode prototype, sedangkan untuk alat bantu analisis menggunakan Bagan Alir Dokumen (Flow Map), Diagram Konteks (Conteks Diagram), Diagram Arus Data (Data Flow Diagram), dan Kamus Data (Data Dictionary). Dalam pembuatan perangkat lunaknya menggunakan Visual Basic 6.0 dan pembuatan database menggunakan SQL Server 2000.Hasil dari penelitian menunjukan sistem yang berjalan masih menggunakan cara manual dalam proses transaksinya, sehingga penelitian melakukan perancangan sistem informasi pelayanan jasa bengkel pada Konjaya Motor yang dapat meningkatkan kinerja pengolahan data, mengimplementasikan sistem informasi yang meliputi perangkat lunak, perangkat keras, basis data antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan. Tahapan akhir dari penelitian adalah testing terhadap perangkat lunak yang dibuat dengan metode pengujian Black Box.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jasa, Pelayanan, Sistem Informasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item