Tinjauan Atas Laporan Keuangan Semester 1 Tahun Anggaran 2009 Pada Satuan Kerja Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP)

Rumiati (2010) Tinjauan Atas Laporan Keuangan Semester 1 Tahun Anggaran 2009 Pada Satuan Kerja Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Akuntansi merupakan suatu siklus akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan atau suatu instansi pemerintahan. Adapun orang-orang yang berkepentingan ini terdiri dari pihak intern maupun ekstern dimana setiap orang yang berkepentingan membutuhkan informasi yang berbeda. Disetiap perusahaan mempunyai format laporan yang berbeda sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh PSAK (Pedoman Standar Akuntansi) tergantung dari jenis perusahaan yang terkait tetapi mempunyai isi serta tujuan yang sama dalam laporan keuangan. Seperti pada perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan juga pada perusahaan industri. Masing-masing perusahaan atau instansi mempunyai ciri khas atau bagian yang tidak dimiliki oleh yang lain seperti perusahaan dan instansi pemerintah memiliki perbedaan dalam penyusunan laporan keuangan, kalau diperusahaan tidak ada Laporan Realisasi Anggaran (LRA), berpedoman pada PSAK (Pedoman Standar Akuntansi), dan di audit oleh akuntan publik. Sedangkan di instansi pemerintah terdapat Laporan Realisasi Anggaran, berpedoman pada SAP (Standar Akuntansi Pemerintah), dan di audit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Adapun basis akuntansi yang digunakan sama-sama menggunakan Acrual Basis dan Cash Basis tergantung kebijakan perusahan dan instansi pemerintah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15357

Actions (login required)

View Item View Item