Analisis Perputaran Piutang Pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan Cimahi

Arumsari Harswa, Lelly (2010) Analisis Perputaran Piutang Pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini persaingan dalam dunia bisnis makin berkembang secara pesat. Untuk itu dituntut bagi perusahaan-perusahaan untuk melakukan kegiatan operasionalnya secara efektif dan efisien dalam mempertahankan eksistensinya. Untuk menunjang pembangunan serta menghadapi kondisi persaingan bisnis, setiap perusahaan dituntut untuk lebih mempersiapkan dirinya secara professional dan fleksibel sehingga perusahaan tidak hanya mampu bertahan namun juga dapat tumbuh dan berkembang dalam pasar global. Untuk itu perusahaan diharapkan memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif yang kuat dalam berbagai aspek, seperti pelayanan yang memuaskan, pemasaran, sumber daya yang berkualitas, operasional yang handal, system manajemen yang baik serta pengelolaan keuangan yang efisien dan efektif. Perusahaan terdiri dari beberapa jenis, pertama perusahaan jasa yang bergerak di bidang pelayanan seperti PT. PLN, kedua perusahaan dagang yang merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya melakukan transaksi pembelian barang dagang kemudian untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuknya seperti Toko Buku Gramedia, ketiga perusahaan indutri yang merupakan perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi kemudian menjual barang jadi tersebut seperti PT. Tekstil. PT. PLN merupakan perusahaan pelayanan jasa yang bergerak di bidang pelayanan seperti penjualan listrik. Tujuan dari PT. PLN untuk menyediakan serta melayani kebutuhan dan kepentingan pelanggan akan tenaga listrik. Dalam memberikan manfaat listrik untuk kepentingan pelanggan, maka perusahaan harus dapat melayani setiap kepentingan tersebut dengan cara melakukan pembayaran setelah adanya pemakaian listrik yang akan menimbulkan adanya piutang kepada perusahaan. Pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan Cimahi ini, memiliki manajemen yang menjalankan aktivitas perusahaan berdasarkan filosofinya yaitu menjadi perusahaan kelas dunia dan mensejahterakan masyarakat. Dalam kegiatan sehari-hari PT. PLN melakukan kegiatannya melalui transaksi. Transaksi yang sering digunakan PT. PLN (persero) Area Pelayanan Jaringan Cimahi ini adalah transkasi penjualan kredit. Penjualan kredit tersebut akan menimbulkan adanya piutang. Piutang merupakan unsur yang sangat penting dan memerlukan kebijakan yang baik dari manajemen dalam pengelolaannya. Karena selain dapat meningkatkan volume penjualan, piutang juga mengandung suatu resiko bagi perusahaan, yaitu resiko kerugian piutang seperti telatnya pembayaran rekening listrik dalam waktu lebih dari satu bulan dan akan mengakibatkan perputaran piutang yang besar atau pendapatan yang tidak sesuai dengan transaksi penjualan listrik, bagi perusahaan dan tentu saja akan berdampak pada pendapatan usaha yang menjadi rendah dan mengakibatkan kinerja perusahaan yang akan semakin menurun. Namun resiko kerugian piutang tersebut dapat diminimalisasikan dengan cara meningkatkan perputaran piutang pada setiap pelanggan, seperti memberikan pemberitahuan kepada pelanggan bahwa bagi setiap pelanggan yang tidak membayar rekening listrik dengan tepat waktu, maka penggunaan listrik akan dimatikan. Perputaran piutang merupakan hubungan antara penjualan kredit dan piutang usaha. Dalam hal ini piutang usaha merupakan klaim perusahaan kepada pelanggan yang timbul dari penjualan jasa dalam operasi bisnis yang normal. Piutang usaha dicatat pada saat penjualan kredit dilakukan dan dikurangkan pada saat perusahaan menerima kas dari pelanggan sebagai pembayaran atas penjualan kredit tersebut. Perputaran piutang yang baik dapat menunjukan tingkat kemampuan suatu perusahaan dalam merubah aktiva lancar dalam bentuk piutang menjadi kas yang diterima dari transaksi penjualan secara kredit, sehingga dengan kata lain semakin tinggi nilai rasionya, maka semakin berhasil usaha perusahaan tersebut dalam menghasilkan kas dan semakin baik operasinya. Permasalahan yang terjadi pada PT. PLN (persero) Area Pelayanan Jaringan Cimahi adalah adanya penunggakan pembayaran listrik yang dilakukan oleh pelanggan listrik seperti rumah tangga, rumah sakit, gedung pemerintahan, industri dan perusahaan besar. Salah satu perusahaan yang melakukan penunggakan adalah perusahaan Tekstil di daerah Padalarang. Penunggakan ini terjadi karena pembayaran rekening listrik yang dilakukan oleh PT. Tekstil telah melebihi batas waktu yang ditentukan yaitu pada tanggal 25 setiap bulanya. Hal ini terjadi karena pendapatan dari PT. Tekstil di Padalarang mengalami penurunan sehingga perusahaan tersebut tidak mampu membayar tagihan rekening listrik. Akibatnya terjadi kemacetan pembayaran piutang yang menyebabkan adanya penunggakan. Dengan keadaan tersebut manajemen harus lebih memperhatikan aspek-aspek yang dapat menyebabkan pengelolaan piutang tidak berjalan sebagaimana mestinya, salah satu aspek yang dapat menghambat pengelolaan piutang adalah kemacetan pembayaran piutang atau piutang yang tidak dapat dilunasi pada saat jatuh tempo. (Sumber : wawancara dengan pegawai bagian keuangan pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan Cimahi). Berdasarkan uraian diatas maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Laporan tugas akhir ini dengan judul: �¢����Analisis Perputaran Piutang Pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan Cimahi �¢����.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, piutang, pelayanan jaringan
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item