Tinjauan Atas Pembiayaan Bermasalah Dari Produk Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) Kantor Cabang Purwakarta

Prihati Ningtias, Utami (2016) Tinjauan Atas Pembiayaan Bermasalah Dari Produk Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) Kantor Cabang Purwakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Purwakarta. Fenomena yang terjadi yaitu pembiayaan bermasalah mengandung multi dampak bagi suatu bank. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui akad dan penagihan piutang pembiayaan mudharabah serta mengetahui pengaruh nilai NPF (Non Performing Financing) pada Bank Jabar Banten Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan (Field Research) yang terdiri dari wawancara (interview) dan dokumentasi, selain itu peneliti menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan akad pembiayaan akad mudharabah telah sesuai dengan teori yang ada, terlihat dari prosedur yang telah dilakukan oleh bank dalam merealisasikan pembiayaan kepada calon nasabah, mulai dari pengajuan persyaratan, sistem bagi hasil dengan jumlah persentase keuntungan yang diperoleh dari usaha yang dijalani oleh nasabah, penanganan ketika terjadi pembiayaan bermasalah dan pembentukan dana PPAP (Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif) sesuai dengan persentase kualitas pembiayaan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Akad, Penagihan, Pembiayaan, Mudharabah, NPF
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item