Pengawasan pemerintah daerah dalam mewujudkan reformasi birokrasi (studi kasus pengelolaan sampah kawasan pesisir di Kota Tanjungpinang)

Neng and Nengsih, Suryanti and Kurniasih, Dewi (2015) Pengawasan pemerintah daerah dalam mewujudkan reformasi birokrasi (studi kasus pengelolaan sampah kawasan pesisir di Kota Tanjungpinang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kawasan pesisir Kota Tanjungpinang berbeda dengan kondisi kawasan pesisir di wilayah lain. Wilayah ini merupakan kota tepi pantai yang mempunyai beberapa pulau kecil di kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura. Wilayah ini berfungsi sebagai pintu gerbang utama penghubung antara Kota Tanjungpinang dengan pulau penyengat yang dimanfaatkan sebagai jalur pelayaran. Ekosistem wilayah ini sedang mengalami ancaman akibat pencemaran sampah yang bertebaran di laut. Sampah yang mengapung di kawasan pesisir ini menyebabkan permasalahan dalam batas air pantai sehingga memerlukan pengawasan pengelolaan sampah yang maksimal. Pengawasan sangat penting, mengingat perannya sebagai salah satu area perubahan dalam mewujudkan reformasi birokrasi termasuk di tingkat pemerintah daerah. Inilah pentingnya penelitian ini dilakukan. Teori yang digunakan adalah three basic type of controlling yang dikemukakan Donnelly et all. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pengawasan pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang belum optimal dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta penganggarannya. Hal ini disebabkan karena belum maksimalnya pengawasan terkait realisasi retribusi bidang persampahan, penggangkutan dan pengumpulan serta pembuangan sampah. Tidak adanya penetapan norma, standar, prosedur dan kriteria pengawasan juga yang menjadi acuan Kota Tanjungpinang turut menambah persoalan dalam pengawasan pengelolaan sampah kawasan pesisir.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Pemerintah Daerah, Reformasi Birokrasi, Pengelolaan Sampah, Kawasan Pesisir.
Subjects: Member > dekur010575@yahoo.com
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item View Item