Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rabbani Dipati Ukur Bandung

Suhartono, (2010) Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rabbani Dipati Ukur Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan bisnis di bidang busana muslim moderen di Indonesia dari tahun ketahun sangat pesat, dengan rata-rata pertumbuhan 10% pertahun. Hal ini ditandai dengan bermunculannya pusat-pusat perbelanjaan berupa butik�¢����butik. Hal ini menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi diantara para kompotitor tersebut. Mereka dituntut untuk dapat menerapkan dan melaksanakan suatu Customer Relationship Management (CRM) yang tepat sehingga konsumen dalam memenuhi semua kebutuhan dan keinginannya akan selalu datang ke tempat mereka. Tokoh Busana Muslim Rabbani sebagai salah satu toko pakian muslim di kota Bandung yang ikut terjun dalam bisnis busana muslim, tidak terlepas dari kondisi tersebut. Oleh karena itu Rabbani Dipati Ukur Bandung juga dituntut melaksanakan suatu usaha Customer Relationship Management (CRM) yang tepat sehingga konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keingginannya, mereka akan mencari di Rabbani Dipati Ukur Bandung. Apalagi selama beberapa tahun ini telah terjadi penurunan jumlah pelanggan yang datang ke Rabbani Dipati Ukur Bandung. Maka dari itu penulis tertarik mengambil penelitian ini dengan judul �¢����Pengaruh Costumer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan�¢����. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis dan metode penelitian verifikatif. Sampel dari penelitian ini sebayak 84 orang yang merupakan pelanggan atau pengunjung yang melakukan transaksi di Rabbani Dipati Ukur Bandung. Untuk dapat menganalisis sejauh mana pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, dimana untuk memudahkan dalam proses pengolahan data penulis menggunakan Software SPSS 12.0 For Windows. Dari hasil wawancara dan koesioner yang disebarkan kepada responden, diketahui bahwa pihak Rabbani Dipati Ukur Bandung telah melaksanakan Customer Relationship Management (CRM) dalam menjaga upaya untuk menjaga Loyalitas Pelanggannya. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian dan pengolahan data bahwa pelaksanaan Coustomer Relationship Management (CRM) yang dilaksanakan oleh Rabbani Dipati Ukur Bandung mempunyai pengaruh sebesar 97,3% terhadap Loyalitas Pelanggannya. Sedangkan sisanya sebesar 2,7% dipengerahui oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pelanggan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15424

Actions (login required)

View Item View Item