Implementasi Metode Naive Bayes Untuk Menentukan Tindakan NPC Penjaga Gawang Pada Simulasi Game Penalty Kick

Tholib, Abdul (2016) Implementasi Metode Naive Bayes Untuk Menentukan Tindakan NPC Penjaga Gawang Pada Simulasi Game Penalty Kick.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Game tendangan penalti ( penalty kick) adalah permainan yang dilakukan dengan tendangan bebas tepat didepan penjaga gawang tanpa boleh dihalangi oleh siapapun. Game ini ber-genre sport game, yaitu salah satu genre game yang dibuat dari olahraga yang ada dikehidupan nyata. Salah satu penelitian sejenis yang ber-genre sport game adalah game tenis meja. AI (Artificial Intelligence) yang diterapkan pada NPC untuk memprediksi arah pukulan bola didalam game tenis meja tersebut adalah metode N-Gram. Arah yang diprediksi yaitu kiri, kanan, dan tengah. Pukulan dari player tersebut disimpan didalam sebuah struktur data antrian (queue). Permasalahannya adalah jika struktur data antrian masih kosong, maka NPC akan memprediksi arah secara acak. Oleh karena itu metode N- Gram kurang optimal untuk diterapkan pada penelitian ini. Maka dari itu peneliti menggunakan metode na�¯ve bayes yang diterapkan pada NPC penjaga gawang untuk memprediksi arah bola sehingga dapat memperoleh tindakan yang akan dilakukan. Metode na�¯ve bayes merupakan salah satu metode yang menggunakan teknik klasifikasi yang mengacu kepada data training yang sudah ada, sehingga NPC penjaga gawang tidak memprediksi arah bola secara acak melainkan berdasarkan hasil klasifikasi na�¯ve bayes. Perancangan sistem pada game ini menggunakan metode agile dan dibangun menggunakan analisis berorientasi objek dengan UML untuk tools-nya. Pembuatan game ini menggunakan software Unity. Pengujian game ini menggunakan pengujian blackbox, dan pengujian metode na�¯ve bayes untuk menguji akurasinya. Hasil pengujian dari game ini menunjukan bahwa fungsionalitas dari game berjalan dengan baik serta hasil pengujian metode na�¯ve bayes dapat diterapkan pada NPC penjaga gawang dengan tingkat akurasi dalam mengambil tindakan sebesar 77,78 % dengan prediksi benar 21 dari 27 rule yang telah dibuat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: algoritma, na�¯ve bayes, game penalty kick, artificial intelligence
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item