Peranan Sistem Pengandalian Intern (SPI) Dalam Menunjang Perencanaan Pemeriksaan Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Bandung Cibeunying)

Asmiati, Ati (2010) Peranan Sistem Pengandalian Intern (SPI) Dalam Menunjang Perencanaan Pemeriksaan Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Bandung Cibeunying). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setelah dilaksanakannya Reformasi Perpajakan di indonesia, jumlah petugas pemeriksa pajak berkurang banyak dari 32.000 jumlah pegawai Ditjen Pajak, jumlah pemeriksa pajak (fiskus) hanya sekitar 3.000 petugas, sedangkan jumlah Wajib Pajak (WP) telah mencapai 12,7 juta, sehingga diperlukan suatu sistem pengendalian intern untuk dapat menunjang perencanaan pemeriksaan pajak sebelum pemeriksaan pajak dilaksanakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian intern, perencanaan pemeriksaan pajak dan seberapa besar peranan sistem pengendalian intern dalam meunjang perencanaan pemeriksaan pajak, pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Cibeunying. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan penelitian lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, skala ordinal dengan menggunakan analisis Rank Spearman dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sistem pengendalian intern pada KPP Cibeunying sudah baik dan perencanaan pemeriksaan pajak telah sangat baik. Besarnya peranan sistem pengendalian intern dalam menunjang perencanaan pajak adalah sebesar 63,9% dan sisanya sebesar 36,1% dipengaruhi faktor lain di luar variabel yang diteliti, seperti gaya filosofi dan gaya kepemimpinan, peranan komite audit dan pembinaan sumber daya manusia. Uji hipotesis menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima, yang dapat disimpulkan, bahwa terdapat peranan antara sistem pengendalian inetrn dalam menunjang perencanaan pemeriksaan pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Intern, Perencanaan Pemeriksaan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item View Item