Tinjauan Atas Pengendalian Internal Perputaran Persediaan Barang Departemen Gudang Pada Hotel Horison Bandung

Anisah, Nisa (2010) Tinjauan Atas Pengendalian Internal Perputaran Persediaan Barang Departemen Gudang Pada Hotel Horison Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan dunia bisnis di Indonesia dari waktu ke waktu semakin kompetitif. Meskipun sebenarnya kondisi perekonomian Indonesia secara umum belum menunjukkan adanya perbaikan dan peningkatan yang signifikan, namun bukan berarti terjadi kondisi yang tetap dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan selalu berusaha untuk dapat bertahan dalam arus persaingan bisnis, terlebih lagi bagi perusahaan lokal. Karena dengan semakin banyaknya perusahaan asing yang berpartisipasi ke peta persaingan bisnis di Indonesia, maka diperlukan berbagai perbaikan kualitas dari dalam perusahaan untuk dapat bersaing secara wajar. Selain harus dapat menghasilkan out-put (baik barang atau jasa) yang berkualitas serta dapat diserap dengan baik oleh para calon konsumen, perusahaan juga harus dapat melaksanakan proses pelayanan secara terkendali serta terarah sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi operasi yang diinginkan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, khususnya teknologi informasi dan komputer, maka banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis komputer sebagai bagian penting dari kelancaran kegiatan operasi perusahaan. Namun dikarenakan suatu sistem informasi akuntansi yang telah terkomputerisasi adalah investasi jangka panjang yang mahal, maka beberapa perusahaan masih tetap mengaplikasikan sistem akuntansi konvensional. 2 Departemen Gudang pada Hotel Horison Bandung merupakan salah satu departemen yang masih menggunakan sistem akuntansi konvensional, yaitu masih menggunakan pencatatan secara manual dalam hal ini tidak menggunakan suatu program atau aplikasi tertentu untuk menjalankan sistem pencatatan persediaan barang. Pihak manajemen perusahaan menyadari bahwa walaupun sistem pencatatan terhadap perputaran persediaan barang di gudang masih menggunakan pencatatan secara manual, akan tetapi pengendalian internal sangat diperlukan oleh perusahaan untuk menjamin ketersediaan barang di gudang apabila barang tersebut diperlukan oleh setiap departemen. Sistem pengendalian internal adalah suatu proses yang didasarkan pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh karyawan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan perusahaan. Pengendalian internal (internal control) merupakan bagian yang terpenting dari sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi sangat dibutuhkan di dalam aktivitas bisnis, dan semua aktivitas bisnis tersebut berada dalam tanggung jawab manajemen sepenuhnya. Alasan utama melakukan pengendalian terhadap aktivitas bisnis adalah untuk memberikan jaminan bahwa seluruh kegiatan operasional perusahaan berjalan sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di perusahaan tersebut dan untuk mengurangi resiko terhadap segala kecurangan yang dapat dilakukan oleh setiap karyawan. Berdasarkan hal tersebut, seharusnya menjadi perhatian bagi setiap perusahaan yang tengah melakukan perbaikan dan pengembangan sistem 3 penendalian internal agar setiap barang yang digunakan untuk operasional perusahaan dimanfaatkan secara bijak dan bertanggung jawab. Selain pengendalian internal yang baik, perusahaan juga harus memiliki sistem pengendalian perputaran persediaan barang yang baik pula, dimana gudang merupakan tempat terjadinya sirkulasi barang tersebut. Sirkulasi terhadap persediaan barang sangat penting agar tidak terjadi penumpukan barang yang dapat mengakibatkan masa kadaluarsa barang di gudang habis. Hal tersebut tentu berdampak pada biaya operasional perusahaan, karena perusahaan akan mengalami kerugian yang diakibatkan barang yang sudah kadaluarsa dan tidak dapat terpakai lagi. Menurut Deni Kurniawan selaku staf Departemen Gudang, tidak hanya perputaran persediaan barang saja yang masih belum efektif, akan tetapi masih adanya departemen yang tidak menaati seluruh kebijakan perusahaan yang mengharuskan pelaksanaan pendistribusian persediaan barang disertai dengan Store Requisition (SR) agar pada saat pencatatan tidak terjadi kesalahpahaman pendistribusian persediaan barang antar departemen, selain itu Store Requisition (SR) menjadi bukti pada saat dilakukannya audit internal. Selain pentingnya penggunaan Store Requisition (SR) dalam pendistribusian barang, maka hal penting lainnya adalah perlu adanya pihak yang berwenang yaitu security pada saat pengambilan persediaan barang di malam hari. Dengan memperhatikan fenomena di atas, penulis tertarik dan bermaksud untuk melakukan penelitian tentang sistem pengendalian internal perputaran persediaan barang pada Departemen Gudang Hotel Horison Bandung dan 4 menuangkannya dalam tugas akhir yang berjudul: �¢����Tinjauan Atas Sistem Pengendalian Internal Perputaran Persediaan Barang Departemen Gudang Pada Hotel Horison Bandung�¢����.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal, persediaan barang
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15450

Actions (login required)

View Item View Item