Implementasi Algoritma Cocke -Younger-Kasami (CYK) Dan Levenshtein Untuk Merekomendasikan Perbaikan Struktur Kalimat Dan Kesalahan Pengetikkan Bahasa Indonesia

Faras Wahyudipraja, Mochamad (2016) Implementasi Algoritma Cocke -Younger-Kasami (CYK) Dan Levenshtein Untuk Merekomendasikan Perbaikan Struktur Kalimat Dan Kesalahan Pengetikkan Bahasa Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada penelitian ini akan dibahas mengenai perbaikan kesalahan kata dan pola kalimat menggunakan algoritma Levenshtein dan CYK. Algoritma CYK merupakan salah satu algoritma yang dapat mengenali apakah sebuah string dapat dikatakan sebagai kalimat yang baku atau tidak sedangkan algoritma Levenshtein merupakan algoritma string matching yang digunakan untuk membandingkan dua buah string dengan menghitung jumlah operasi string yang disebut edit distance. Algoritma CYK biasa digunakan untuk mengenali sebuah kalimat dalam tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif implementasi dari kedua algoritma ini dapat memperbaiki kesalahan kata dan pola kalimat. Setiap kata yang ada pada dokumen abstrak akan dikelompokkan terlebih dahulu berdasarkan kelas katanya. Pengelompokkan kata ke dalam kelas kata menggunakan POS Tag Indonesia. Selanjutnya kata yang sudah dikelompokkan akan diperiksa apakah ada kata yang tidak dikenali kelas katanya. Kelas kata yang tidak dapat dikenali oleh POS Tag Indonesia diberi tag X. Kata yang memiliki tag X akan diperbaiki menggunakan algoritma Levenshtein dengan cara membandingkannya dengan kata yang ada pada kamus. Kata yang memiliki edit distance terendah akan dijadikan sebagai saran. Setelah itu, kata dikelompokkan kembali. Tahap selanjutnya, setiap kata yang sudah dikelompokkan akan disusun menjadi pola kalimat dan diperiksa menggunakan algoritma CYK. Apabila pola tersebut tidak dapat dikenali sebagai pola kalimat baku, pola tersebut akan diberikan rekomendasi berdasarkan daftar pola kalimat yang baku. Perbaikan pola kalimat menggunakan algoritma Levenshtein. Hasil pengujian didapatkan tingkat keberhasilan dari rekomendasi perbaikan kata sebesar 86,4% sedangkan untuk rekomendasi perbaikan pola kalimat sebesar 92,3%. Namun pada penelitian ini, rekomendasi perbaikan untuk kata imbuhan yang menunjukkan arah atau nama tempat tidak berhasil dilakukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: algoritma, cocke-younger-kasami, levenshtein, sintaksis, parsing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item View Item