Pembangunan Aplikasi Informasi, Pengaduan, Kritik, Saran Seputar Kota Cimahi Pada Platfrom Android

Fajar Ramadhani, Mochamed (2016) Pembangunan Aplikasi Informasi, Pengaduan, Kritik, Saran Seputar Kota Cimahi Pada Platfrom Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengaduan masyarakat merupakan sebuah timbal balik dari penduduk kota, dan merupakan permasalahan yang dialami oleh semua kota di dunia, baik kota besar maupun kota kecil. Pengaduan masyarakat bahkan tidak hanya dialami oleh pemerintah kota, tetapi juga instansi-instansi lainnya. Pengaduan masyarakat tidak selalu dilayani dengan pembukaan sebuah loket pengaduan, tetapi ada juga yang menggunakan kotak saran. Tidak hanya pengaduan masyarakat, tetapi kritik dan saran, bahkan informasi juga merupakan timbal balik dari kebijakan atau keadaan pemerintah kota tersebut. Cimahi yang merupakan kota kecil yang hanya memiliki 3 kecamatan dan 15 kelurahan, memiliki sebuah loket pelayanan pengaduan masyarakat yang terletak di Komplek Pemerintahan Kota Cimahi yang dirasakan belum efektif. Hal ini dikarenakan oleh rasa malas masyarakat kota Cimahi untuk mendatangi loket tersebut. Berdasarkan hal tersebut diperlukan sebuah sistem yang berfungsi sebagai sebuah jembatan penghubung antara masyarakat kota Cimahi dan Pemerintah Kota Cimahi, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat kota Cimahi untuk memberikan pengaduan, informasi, kritik, dan juga saran kepada Pemerintah Kota Cimahi, dan juga memudahkan Pemerintah Kota Cimahi untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat kota Cimahi. PESDUK adalah sebuah aplikasi berkonsep jurnalisme warga (citizen journalism) dengan sistem operasi Android yang akan dibangun untuk menjadi solusi dari permasalah yang telah dijelaskan. PESDUK ini akan digunakan oleh masyarakat kota Cimahi, dan juga Pemerintah Kota Cimahi, khususnya departemen NOC (Network Operating Center) Kota Cimahi yang bertugas mengelola data elektronik, dengan berbasis web. Berdasar hasil pengujian yang dilakukan, yaitu pengujian dengan menggunakan metode balck box, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini telah berfungsi dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaduan Masyarakat, Informasi, Kritik, Saran, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15457

Actions (login required)

View Item View Item