Tinjauan atas Efektivitas Pajak Parkir Dan Kontribusinya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Pada Dinas Pendapatan Daerah Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung

Sufreani, Dewi (2010) Tinjauan atas Efektivitas Pajak Parkir Dan Kontribusinya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Pada Dinas Pendapatan Daerah Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam setiap kegiatannya, instansi pemerintah tidak terlepas dari pengenaan pajak. Pajak Daerah yaitu iuran wajib yang dilakukan oleh orang pribadi atau badan kepada daerah tanpa imbalan langsung. Berdasarkan perundang-undangan, yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah daerah adalah salah satunya pajak parkir yaitu pajak atas penyelenggaraan tempat parkir. Namun pada kenyataanya target yang ditetapkan tidak sesuai dengan potensi sebenarnya dan ketidakseimbangan antara potensi dengan realisasi penerimaan pajak parkir. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui efektivitas pajak parkir dan PAD (2) mengetahui kontribusi pajak parkir dalam meningkatkan PAD (3) mengetahui hambatan yang terjadi dalam penerimaan pajak parkir dan PAD (4) mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak parkir dan PAD. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar. Data yang digunakan adalah Realisasi Pajak Parkir, Realisasi PAD dan Kontribusi Pajak Parkir terhadap PAD periode tahun 2005-2009. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tahun target penerimaan pajak parkir selalu naik dan diiringi dengan tercapainya realisasi yang mampu melebihi target yang direncanakan. Naik dan turunnya kontribusi pajak parkir di pengaruhi oleh banyak atau sedikitnya penyediaan lahan parkir, kesadaran wajib pajak yang meningkat dan bertambahnya objek pajak parkir karena hal tersebut sangat mempengaruhi pendapatan pajak parkir.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perpajakan, Pajak Parkir, Pendapatan Asli Daerah
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15483

Actions (login required)

View Item View Item