Pengembangan Learning Management System (LMS) Berbasis Web Di SMK Negeri 1 Karawang Untuk Pengecekan Jawaban Essay Otomatis

Novrianto, Sigit (2016) Pengembangan Learning Management System (LMS) Berbasis Web Di SMK Negeri 1 Karawang Untuk Pengecekan Jawaban Essay Otomatis.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Negeri 1 Karawang didirikan pada tanggal pada tanggal 03 Agustus 1965 beralamat di Jl. Pangkal Perjuangan (By Pass) Karawang merupakan sekolah yang memiliki fasilitas pendidikan yang cukup lengkap, seperti bengkel praktek, laboratorium komputer dan koneksi internet. Sistem LMS yang sudah ada memiliki fitur ujian online yang hanya terbatas pada ujian pilihan ganda saja, namun pada kenyataannya guru juga memberikan soal ujian berbentuk essay. Kendalanya adalah guru masih melakukan pengecekan soal essay menggunakan cara manual yang membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, jika diperiksa oleh banyak orang maka akan membuat adanya subjektivitas dalam penilaian ujian serta adanya kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penilaian secara manual (human error) pada jawaban siswa. Hal lain yang mungkin terjadi pada jenis ujian pilihan ganda adalah memicu adanya kecurangan dan hanya membutuhkan sedikit usaha efektif dalam memahami materi. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak guru di SMK Negeri 1 Karawang, penelitian ini menambahkan ujian essay dengan pengecekan otomatis yang dapat membantu guru dalam memeriksa hasil ujian dan penilaian menjadi lebih objektif. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari LMS yang ada di SMK Negeri 1 Karawang dengan menambahkan fitur ujian essay dengan pengecekan otomatis. Pengembangan LMS ini dilakukan dengan pengujian blackbox yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Berdasarkan hasil pengujian dengan metode blackbox dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner, diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan LMS ini dapat membantu mengurangi beban kerja dalam pengecekan hasil ujian essay dan dapat mengevaluasi pemahaman siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SMK Negeri 1 Karawang, Koreksi Essay Otomatis, Latent Semantic Analysis (LSA), Learning Management System (LMS)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15498

Actions (login required)

View Item View Item