Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Panduan Pramuka Di SMPN 2 Cibeber Berbasis Mobile

Nuraeni, Rani (2016) Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Panduan Pramuka Di SMPN 2 Cibeber Berbasis Mobile.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Gerakan Pramuka adalah badan non-pemerintah, yang berusaha membantu pemerintah dan masyarakat, dalam membangun masyarakat dan bangsanya, khususnya di bidang pendidikan. Pada dasarnya banyak sekali aplikasi yang saat ini muncul di play store android, salah satunya aplikasi tentang buku saku pramuka. Aplikasi Buku Saku Pramuka sifatnya memberikan informasi atau materi dan gambar yang diberikan tidak bergerak sedangkan kegiatan pramuka selalu ada latihan praktek dalam mempelajari kegiatan praktek kepramukaan seperti praktek semaphore, morse, simpul, dll. Berdasarkan hasil kuesioner yang dilakukan terhadap anggota pramuka di SMPN 2 Cibeber diperoleh kesimpulan bahwa hal yang menjadi kendala saat ini yaitu 60% siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami materi yang ada didalam aplikasi maupun dalam buku panduan pramuka/buku saku pramuka. Dalam menunjang pembelajaran dalam kegiatan pramuka, maka dibutuhkan fasilitas pendukung untuk mengembangkan aplikasi yang sudah ada menjadi aplikasi yang lebih menarik lagi dan dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari tentang pramuka. Fasilitas pendukung dalam menunjang proses pembelajaran kepramukaan seperti penggunaan alat pramuka berupa simulasi sebagai sarana atau alat bantu dalam melengkapi kegiatan pramuka yang ada di SMPN 2 Cibeber, dengan menggunakan media elektronik berbasis mobile sebagai sarana belajar alternatif bagi siswa, agar siswa lebih mudah dalam menggunakannya. Pembangunan aplikasi pembelajaran ini dibangun menggunakan pemodelan berorientasi objek dengan UML (Unified Modelling Language) dan harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan multimedia dan melakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian black box dan beta, dimana pengujian black box berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak, sedangkan pengujian beta berfokus pada pengujian lapangan berupa kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian sistem, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dibangun dapat membantu siswa dalam memahami materi tentang pramuka dan dapat membantu dalam praktek kepramukaan berupa simulasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Pembelajaran, Pramuka, Simulasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15502

Actions (login required)

View Item View Item