Pembangunan Sistem Pengenalan Objek Pada Permainan Monopoli Menggunakan Algoritma Speeded Up Robust Features

Rahmanda, Lutfia (2016) Pembangunan Sistem Pengenalan Objek Pada Permainan Monopoli Menggunakan Algoritma Speeded Up Robust Features.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permainan monopoli adalah permainan yang populer, permainan tersebut selain digemari oleh kalangan anak muda, juga kalangan orang dewasa. Permainan monopoli dalam komputer untuk menentukan kepemilikan dari sebuah properti perbandingannya dilakukan oleh variabel tertentu yang ditanamkan oleh tiap tiap objeknya. Cara tersebut memungkinkan komputer dengan cepat menentukan kepemilikan dari properti tersebut namun tidak menyerupai tingkah laku manusia. Manusia membandingkan suatu objek antara satu dengan yang lainnya adalah dengan membandingkan tulisan, gambar atau warna dari objek tersebut. Dibutuhkan perkembangan suatu algoritma untuk menentukan kepemilikan dari sebuah properti agar terlihat menyerupai tingkah laku manusia seperti algoritma computer vision. Terdapat banyak algoritma yang dapat digunakan untuk mendeteksi suatu objek. Berdasarkan hasil dari beberapa jurnal, metode SURF menjadi metode yang lebih cepat dalam perhitunggannya serta efisien dalam pencocokannya. Metode ini juga perkembangan dari metode sebelumnya yaitu SIFT. Metode SURF adalah metode pendeteksian objek menggunakan fitur fitur yang terdapat dalam sebuah objek. Metode ini menghasilkan sebuah fitur yang nantinya akan digunakan untuk mencocokan antara dua buah objek. Seperti metode FLANN, yaitu metode untuk mengkalkulasikan jarak terdekat diantara titik tetangga.Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan penggunaan metode SURF memerlukan beberapa kondisi tertentu agar bisa berjalan dengan baik dan meningkatkan akurasi dari pendeteksiannya, seperti kondisi gambar, cahaya dan stabilitas alat bantu. Hasil dari pengujian deteksi petak pada kondisi tertentu menghasilkan 77.5% akurat dalam pendeteksiannya. Serta menghasilkan angka 100% dalam pengujian Multiplayer. Ini menyatakan bahwa metode SURF bisa digunakan dalam pencarian kepemilikan properti pada penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Computer Vision, Monopoli, Permainan, Speeded Up Robust Features(SURF).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item View Item