Analisis Tingkat Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial PerusahaanKasus Pada Perusahaan Manufaktur Tekstil dan Garmen Kelompok Pabrik Tekstil, Pakaian dan Barang Lainnya Yang Tedaftar Di Bursa Efek Indonesia

Bange, Yelfiani (2010) Analisis Tingkat Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial PerusahaanKasus Pada Perusahaan Manufaktur Tekstil dan Garmen Kelompok Pabrik Tekstil, Pakaian dan Barang Lainnya Yang Tedaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teori mengenai perusahaan mempunyai tanggung jawab ekonomi kepada pihak penyedia pinjaman, karena apabila perusahaan memiliki citra yang baik dimasyarakat maka dapat meminimalisir resiko dalam aktivitas perusahaan dan dapat membantu para debtholders dalam mengambil keputusan untuk memberikan pinjaman dana pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat leverage, untuk mengetahui pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan Untuk mengetahui analisis tingkat leverage berdampak terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan pabrik tekstil, pakaian dan barang lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui analisis tingkat leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan digunakan pengujian statistik seperti regresi linier sederhana, koefisien korelasi pearson, koefisien determinasi, uji hipotesis dan menggunakan aplikasi SPSS 15.0 for windows agar memperjelas perhitungan secara manual. Hasil penelitian diperoleh hubungan (korelasi) sebesar -0,540. Hal ini menunjukan hubungan yang cukup erat antara tingkat leverage dengan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Arah hubungannya negative menunjukan semakin besar tingkat leverage akan membuat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan semakin rendah. Pengaruh dari variablel X terhadap variable Y sebesar 29,2% Artinya tingkat leverage memberikan dampak sebesar 29,2% terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada tahun 2005. Sementara sisanya sebesar 70,8 % dijelaskan variabel lain yaitu variabel size, profitabilitas, profil, dan ukuran dewan komisaris.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: leverage, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Pengungkapan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item