Peranan Profesi Auditor Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Intern Pada Pt.Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk Kantor Wilayah 04 Bandung

Restia Dewi, Ade (2010) Peranan Profesi Auditor Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Intern Pada Pt.Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk Kantor Wilayah 04 Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengawasan terhadap pengendalian intern perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik, untuk itu manajemen merasa perlu untuk meningkatkan keefektifan pengendalian intern perusahaan sehingga perusahaan membutuhkan peran profesi auditor internal yang handal yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam upaya pengambilan keputusan yang tepat untuk mengelola kegiatan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran profesi auditor internal, efektifitas pengendalian intern, dan untuk menguji peran profesi auditor internal dalam menunjang efektivitas pengendalian intern. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Auditor Internal dan Manajemen di kantor cabang BNI wilayah 04 Bandung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sensus yaitu 10 kantor cabang BNI wilayah 04 Bandung. Untuk mengetahui peran profesi auditor internal dalam menunjang efektivitas pengendalian intern maka dilakukan pengujian statistik menggunakan analisis korelasi, analisis regresi, dan untuk menguji hipotesis maka yang digunakan adalah uji t dengan menggunakan alat bantu SPPS 15.0 for windows. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukan bahwa peran profesi auditor internal sudah cukup baik, begitu pula dengan efektivitas pengendalian intern sudah cukup efektif, dan hasil penelitian secara kuantitatif menunjukan besarnya peran profesi auditor internal dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern sebesar 52,22 % dan sisanya sebesar 47,8 % dijelaskan oleh faktor lain diluar variabel profesi auditor internal seperti dewan komisaris, direksi, pejabat dan pegawai bank dan pihak-pihak ekstern bank.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Audit Internal, Profesi Auditor Internal, Efektivitas Pengendalian Intern
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15526

Actions (login required)

View Item View Item