Pembangunan Media Pembelajaran Dan Simulasi Pengenalan Gejala Alam Sebagai Penunjang Buku IPS Kelas VI (Studi Kasus Di SDN Cimahi Mandiri 5)

Dita Dwi Utari, Astri (2016) Pembangunan Media Pembelajaran Dan Simulasi Pengenalan Gejala Alam Sebagai Penunjang Buku IPS Kelas VI (Studi Kasus Di SDN Cimahi Mandiri 5).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Metode pembelajaran ceramah yang digunakan di SDN Cimahi 5 masih memiliki beberapa masalah. Berdasarkan wawancara kepada guru kelas VI di SDN Cimahi Mandiri 5 yang bernama Ibu Saptarina Nurindrayani, S.Pd., guru masih mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi mengenai gejala alam dikarenakan kurangnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi gejala alam jika materi tersebut masih dijelaskan melalui teori. Padahal dibutuhkan suatu simulasi agar siswa dapat lebih memahami materi gejala alam, namun guru merasa kesulitan bila diadakan simulasi secara langsung di kelas. Masalah-masalah tersebut juga berdampak pada nilai siswa yang dapat dilihat dari pencapaian hasil ulangan harian siswa pada materi gejala alam yang dapat dikatakan lebih rendah bila dibandingkan dengan materi lainnya. Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan, guru membutuhkan bantuan media pembelajaran yang disertai dengan simulasi. Media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru dalam menjelaskan materi mengenai gejala alam melalui animasi, simulasi, evaluasi dan permainan, memberikan kemudahan kepada guru untuk menyediakan contoh yang dapat memberikan gambaran kepada siswa bagaimana proses terjadinya gejala alam melalui animasi dan cara menghadapinya melalui simulasi agar selalu siap siaga bila terjadi gejala alam, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gejala alam. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menjelaskan materi mengenai gejala alam, memberikan kemudahan kepada guru untuk memberikan contoh dan gambaran terkait dengan proses terjadinya gejala alam dan cara menghadapinya, serta meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gejala alam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Gejala Alam, IPS, Simulasi, SDN Cimahi Mandiri 5.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item View Item