Penerapan Sunset Policy Dalam Meningkatkan Kepatuhan Formal Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Cilandak

Soraya, (2010) Penerapan Sunset Policy Dalam Meningkatkan Kepatuhan Formal Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Cilandak.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemerintah mengeluarkan progam sunset policy untuk meningkatkan penerimaan pajak. Inti dari program ini adalah adanya pengampunan pajak (tax amnesty). Namun masih terdapat wajib pajak yang tidak mengikuti program ini dengan berbagai alasan, diantaranya keterbatasan waktu yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan sunset policy terhadap wajib pajak orang pribadi (wpop), mengetahui tingkat kepatuhan formal wpop dalam pelaporan pajak, serta untuk menguji penerapan sunset policy dalam meningkatkan kepatuhan formal wpop pada KPP Jakarta Cilandak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Unit Analisis dalam penelitian ini adalah wpop yang mengikuti program sunset policy di KPP Jakarta Cilandak dengan sampel sebanyak 95 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Analisis kuantitatif dilakukan dengan pengujian statistik melalui analisis koefisien korelasi pearson, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sunset policy sudah cukup baik, begitu pula dengan tingkat kepatuhan formal wpop sudah cukup tinggi dengan tingkat keeratan yang kuat sebesar 0,702. Selanjutnya, penerapan sunset policy dapat meningkatkan kepatuhan formal wpop sebesar 49,3% dan sisanya sebesar 50,7% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kemauan wajib pajak itu sendiri, compliance cost, kejelasan peraturan perpajakan dan sikap aparatur pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan Sunset Policy, Tingkat Kepatuhan Formal, dan Wajib Pajak Orang Pribadi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15528

Actions (login required)

View Item View Item