Pemanfaatan NFC (Near Communication) Sebagai Media Pembayaran Di Pesona Nirwana Waterpark

Ariansyah Permana, Rian (2016) Pemanfaatan NFC (Near Communication) Sebagai Media Pembayaran Di Pesona Nirwana Waterpark.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pesona Nirwana Waterpark merupakan tempat rekreasi keluarga di Soreang, kawasan Bandung Selatan dengan berbagai wahana permainan air untuk anak dan dewasa bernuansa alam pegunungan. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bpk. Ega Wirabadi Kusumah selaku manager di Pesona Nirwana Waterpark beliau akan meningkatkan keamanan penyimpanan barang dengan menyediakan loker bagi pengunjung. Untuk penyimpanan barang pada loker, pengunjung akan dikenakan biaya untuk fasilitas penyimpanan barang bawaannya. Hal ini menyebabkan pengunjung tidak bisa mengakses loker berkali-kali karena pengunjung akan dikenakan pengunjung akan dikenakan biaya penyewaan loker yang berlipat ganda. Proses pembayaran di foodcourt dan penyewaan ban pun menjadi terbatas karena pengunjung memiliki akses yang terbatas terhadap barang bawaanya yang disimpan di dalam loker terutama uang. Dengan memanfaatkan teknologi NFC (Near Field Communication) sebagai media pembayaran yang berupa gelang NFC yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran makanan dan minuman di foodcourt dan penyewaan ban. Selain itu dengan memanfaatkan NFC yang bersifat re-writeable diharapkan dapat membantu pegawai Pesona Nirwana Waterpark dalam melakukan transaksi. Berdasarkan hasil pengujian Alpha yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa secara fungsional seluruh proses pada sistem Pemanfaatan NFC (Near Field Communication) Sebagai Media Pembayaran Di Pesona Nirwana Waterpark telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan sudah dapat membantu mengefektifkan sistem pembayaran yang di lakukan oleh pengunjung dengan menggunakan gelang NFC.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: NFC (Near Field Communication), Radio Frequency Identification (RFID), Sistem Pembayaran, Waterpark.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

View Item View Item