Pembangunan Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Tunagrahita Dengan Metode Applied Bahavior Analysist (ABA) Berbasis Kinect (Studi Kasus SLB-C Yayasan Terate Sadang Serang)

Adhya Dafila, Lufi (2016) Pembangunan Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Tunagrahita Dengan Metode Applied Bahavior Analysist (ABA) Berbasis Kinect (Studi Kasus SLB-C Yayasan Terate Sadang Serang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata, disamping itu mereka memiliki keterbelakangan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitarnya. Kegiatan belajar mengajar untuk siswa tunagrahita masih terbatas pada pembelajaran dengan metode konvensional. pembelajaran satu arah oleh guru kepada murid dan terbatasnya alat peraga berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa, bahkan mereka menjadi bosan dan cepat melupakan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untukAnak tunagrahita merupakan anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata, disamping itu mereka memiliki keterbelakangan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitarnya. Kegiatan belajar mengajar untuk siswa tunagrahita masih terbatas pada pembelajaran dengan metode konvensional. pembelajaran satu arah oleh guru kepada murid dan terbatasnya alat peraga berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa, bahkan mereka menjadi bosan dan cepat melupakan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi alat bantu ajar yang dapat memudahkan dan meningkatkan minat belajar pada siswa di SLB-C Yayasan Terate, memanfaatkan sensor kinect xbox dan mengacu pada sebuah metode terapi yaitu Applied Behavior Analysist. Aplikasi yang dibangun dimainkan menggunakan perangkat Kinect dengan mengimplementasikan pergerakan gesture, dan deteksi suara. Penggunaan kinect dalam konten yang disajikan memberikan solusi interaksi berdasarkan pendeteksian gerak pengguna, sebuah solusi untuk menggabungkan unsur kognitif dan psikomotik secara terpadu dalam melakukan instruksi. Pembangunan aplikasi dengan mengacu pada metode ABA dilakukan agar konten dan standar kebutuhan anak tunagrahita dapat terpenuhi sehingga dalam pelaksanaannya dapat lebih terarah. Pengujian untuk penilaian terhadap aplikasi dilakukan di SLB-C Yayasan Terate Sadang Serang dengan responden guru dan siswa tingkat Sekolah Dasar. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali agar guru dapat melihat perkembangan siswa setelah menggunakan aplikasi yang telah dibangun. Hasil dari penelitian ini yaitu telah berhasil dibuat aplikasi sebagai alat bantu pembelajaran dengan mengacu pada metode ABA bagi siswa tunagrahita berbasis kinect dengan baik karena responden yaitu guru menyatakan setuju bahwa aplikasi yang telah dibangun dapat membantu guru dan memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita, Applied Behavior Analysist, Kinect
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15539

Actions (login required)

View Item View Item