Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah Dampknya Terhadap Return Saham Studi Peristiwa Pada Emiten Yang Terdaftar Di BEI Yang Menerbitkan Obligasi Syariah Periode 2005-2009

Lestari Kosasih, Titah (2010) Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah Dampknya Terhadap Return Saham Studi Peristiwa Pada Emiten Yang Terdaftar Di BEI Yang Menerbitkan Obligasi Syariah Periode 2005-2009.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu karakteristik perdagangan di pasar modal, bahwa investor akan bereaksi terhadap informasi yang relevan dalam membuat keputusan menjual atau membeli saham. Pengumuman penerbitan obligasi syariah merupakan informasi yang akan diterima oleh investor sebagai isyarat positif atau negatif mengenai prospek perusahaan yang akan mendorong terjadinya perubahan permintaan dan penawaran saham, dan selanjutnya akan mengakibatkan terjadinya kenaikan atau penurunan return saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari pengumuman penerbitan obligasi syariah terhadap return saham harian di sekitar tanggal pengumuman pada kelompok perusahaan yang melakukan pengumuman penerbitan obligasi syariah pada periode 2005-2009 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode event study, dengan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Objek yang diamati adalah return saham harian masing-masing emiten yang ditentukan selama 5 periode return atau 6 hari perdagangan pada periode sebelum dan sesudah pengumuman. Jumlah sampel emiten yang dipilih dengan metode purposive judgment sampling adalah sebanyak 11 emiten dan pada periode 2005-2009 terdapat sebanyak 15 peristiwa pengumuman penerbitan obligasi syariah dari ke 11 emiten tersebut. Berdasarkan objek penelitian, maka data penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari publikasi BEI. Guna menguji hipotesis digunakan metode uji beda rata-rata untuk dua sampel berpasangan (Paired Sample Test). Hasil analisis menunjukkan bahwa perolehan return harian saham pada periode sebelum tanggal pengumuman penerbitan obligasi syariah secara umum cenderung menurun, sementara perolehan return harian saham sesudah pengumuman penerbitan obligasi syariah secara umum cenderung meningkat. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pengumuman penerbitan obligasi syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham harian. Hal ini bermakna bahwa pengumuman penerbitan obligasi syariah merupakan peristiwa yang direspons positif oleh pasar. Sebagai implikasinya, emiten hendaknya tidak ragu untuk melakukan penerbitan obligasi syariah, sedangkan bagi para investor, pemilihan investasi pada saham penerbit obligasi syariah akan memberikan keuntungan karena saham-saham tersebut akan lebih cepat menyerap informasi di pasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah, Return Saham, Studi Peristiwa.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item