Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perbankan Tahun 2004-2008 (Kasus Pada Sebelas Perusahaan Perbankan yang Go Publik)

Triatonifah, Rani (2010) Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perbankan Tahun 2004-2008 (Kasus Pada Sebelas Perusahaan Perbankan yang Go Publik).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tingkat kinerja bank merupakan kepentingan semua pihak terkait, baik pemilik dan pengelola bank, masyarakat pengguna jasa maupun Bank Indonesia sebagai pembina dan pengawas bank. Kinerja perusahaan ini akan menjadi tolak ukur seberapa resiko yang akan ditanggung investor. Untuk memastikan kinerja perusahaa tersebut dalam kondisi baik atau buruk dapat dilakukan dengan menggunakan analisis rasio. Rasio keuangan yang mengalami pertumbuhan tidak selalu menunjukan pertumbuhan harga saham dan sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan, harga saham, dan seberapa besar pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada 11 bank pada periode tahun 2004-2008. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah pendekatan Slovin, dengan populasi 23 perusahaan perbankan yang tetap konsisten periode tahun 2004-2008, didapat 11 perusahaan perbankan yang dijadikan sampel penelitian. Sedangkan metode statistic untuk pegujian hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F yang didapat dari analisa regresi linier berganda, dengan menggunakan alat bantu SPSS 15.0 for windows. Hasil pengujian parsial menggunakan uji statistik t dan pengujian secara simultan menggunakan uji statistik F. Hasil analisis kuantitatif bahwa secara simultan kinerja kauangan berpengaruh signifikan terhadap harga saham sebesar 22,3%. Sedangkan 77,7% dipengaruhi oleh faktor teknikal seperti faktor sentiment pasar, spekulasi, rumor, tingkat suku bunga, nilai tukar dan situasi politik. Secara parsial ROE yang berpengaruh terhadap harga saham sebesar 21,81% sedangakan variable lainnya seperti CAR, LDR, dan NPL tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perbankan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan Bank, Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Return on Equity dan Non Performing Loan, Harga Saham
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15555

Actions (login required)

View Item View Item