Penerapan Metode Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Aplikasi Multimedia Pembelajaran Pramuka Berbasis Mobile Android

Kurniawan, Andreas (2016) Penerapan Metode Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Aplikasi Multimedia Pembelajaran Pramuka Berbasis Mobile Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hasil penelitian dalam kegiatan pramuka sebagai organisasi, saat ini masih menggunakan sistem pengajaran manual dimana cara pembelajaran siswa penggalang masih sepenuhnya didampingi pembina dengan menggunakan alat bantu buku, yang cara penyampaianya diangap kurang menarik oleh siswa dan terkadang membuat pembina dan siswa mengalami kesulitan untuk memahami isi buku dan pada saat penyampaian materi hanya membutuhkan waktu sangat singkat, serta siswa tidak dapat berlatih secara mandiri pada saat berada di rumah. Untuk mendukung pembelajaran pramuka yang lebih efektif waktu serta tempat dan menarik dibutuhkan beberapa aspek yang mencangkup materi interaktif dan tata cara sekaligus tutorial penggunaan alat pramuka serta fungsinya. Metode Computer Assisted Instruction (CAI) adalah penggunaan komputer sebagai alat bantu pengajaran dengan melibatkan peserta didik dan pengajar secara aktif, yang memiliki banyak jenis untuk proses pembelajaran diantaranya adalah drill and practice, simulation ,tutorial , dan game. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap aplikasi Pembelajaran Pramuka ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mudah digunakan,menarik dan membantu siswa penggalang dan pembina dalam belajar ilmu kepanduan pramuka (penggalang) yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pramuka,Multimedia,Android,Aplikasi,Pembelajaran,CAI
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15565

Actions (login required)

View Item View Item